KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN
PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK
REPUBLIK INDONESIA

Glosary Perlindungan Anak

SEMUA KARAKTER A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Bina Keluarga Balita yang selanjutnya disebut BKB adalah gerakan masyarakat yang diarahkan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua dalam pembinaan tumbuh kembang anak umur 0-5 tahun. .

Balai pemasyarakatan (BAPAS) adalah instansi yang melaksanakan tugas pokok dan fungsi melaksanakan penelitian kemasyarakatan (litmas), pengawasan pendampingan, dan pembimbingan terhadap anak yang berhadapan dengan hukum serta klien permasyarakatan.

Bentuk – bentuk pekerjaan terburuk untuk anak adalah bentuk – bentuk berbaha bagi anak , didefinisikan dalam bentuk konvensi ILO no 182 dan rekomendasi ILO No 190, yang meliputi segala bentuk perbudakan, perdagangan anak, eksploitasi seksual anak, anak yang terlibat dalam perdagangan obat – obatan terlarang, dan pekerjaan – pekerjaan yang membahayakan perkembangan anak .

Berpusat pada anak adalah penelitian yang terpusat pada anak berkonsentrasi pada pemahaman pandangan – pandangan, pendapat, pengalaman dan perspektif anak

Buruh anak adalah anak berusia kurang dari 18 tahun yang bekerja.

Buruh frontir adalah buruh migran yang mempertahankan kediamannya sehari – hari dalam Negara tetangga ketempat mana ia biasanya pulang setiap hari atau setidaknya sekali seminggu.

Buruh ijon adalah buruh ijon juga dilenal sebagai perbudakan karena jeratan utang, adalah ketika tenaga seseorang diminta sebagai suatu cara untuk melunasi pinjaman.

Buruh keliling adalah mengacu pada seorang buruh migran yang harus berpergian ke Negara atau Negara – Negara lain untuk waktu singkat sehubungan dengan sifat pekerjaannya , sedang ia bertempat tinggal sehari – hari di suatu Negara.

Buruh migrant adalah seseorang yang akan, tengah atau telah melakukan pekerjaan yang dibayar dalam suatu Negara dimana ia bukan jadi warga Negara.

Buruh musiman adalah buruh migrant yang pekerjaannya tergantung pada kondisi musiman dan dilakukan hanya dalam sebagian waktu setiap tahun.

Buruh pada instalasi lepas pantai adalah buruh migrant yang dipekerjakan pada suatu instalasi lepas pantai yang berada dibawah wilayah hukum suatu Negara dimana ia bukan warga Negara.

Buruh proyek adalah seorang buruh migran yang harus yang diterima ke dalam suatu Negara tempatnya bekerja untuk jangka waktu kerja tertentru semata – mata untuk proyek tertentu yang dilaksanakan di Negara tersebut oleh majikannya.