Press Release: Menteri PP dan PA Prihatin Adanya Hiburan yang Tidak Layak Dikonsumsi Anak

  • Dipublikasikan Pada : Senin, 22 Februari 2016
  • Dibaca : 2204 Kali
PRESS RELEASE
 
Menteri PP dan PA Prihatin
Adanya Hiburan yang Tidak Layak Dikonsumsi Anak
 
Siaran Pers Nomor: 47/Humas KPP-PA/06/2015
 
Jakarta (10/6) Menteri PP dan PA, Yohana Yembise menyatakan keprihatinan mendalam dan menyesalkan adanya pertunjukan orkes dangdut dalam perpisahan murid SD di salah satu daerah. Menurutnya hal pertama yang harus diperhatikan adalah dampak negatif apabila lagu-lagu yang dinyanyikan dan gerakan-gerakan yang ditampilkan lazimnya dikonsumsi oleh orang dewasa. Hal ini tentunya tidak sejalan dengan usia anak-anak yang masih dalam proses tumbuh kembang. Anak biasanya memiliki kecenderungan dan memiliki refleks yang cepat untuk meniru dan merekam apa yang dia lihat dan dengar di sekitarnya.
Untuk itu lebih baik apabila sejak dini anak-anak sudah mulai dikenalkan terhadap hal-hal positif dan informasi-informasi lainnya yang bermanfaat baginya. Dan lebih baik diberikan hiburan-hiburan yang bernuansa anak, misalnya lagu-lagu yang memiliki nilai-nilai perjuangan, legenda-legenda, sejarah kepahlawanan, dan ketokohan seseorang yang diharapkan ini semua dapat menginspirasi dan membekali dirinya sebagai calon dan kader penerus bangsa di masa depan.
Penanaman nilai luhur dan nilai-nilai kehidupan yang berbasis kearifan lokal yang menjunjung tinggi nilai-nilai ketimuran dapat dikemas menjadi pertunjukan seperti teater, drama musikal dan pentas seni lainnya akan menjadi hiburan dan tontonan yang menarik ketimbang pertunjukan dangdut.
“Saya harap sekolah dan guru bisa lebih selektif memilih tontonan yang edukatif  dan menarik untuk anak-anak, orang tua juga berhak untuk mengingatkan sekolah  untuk menerapkan kontrol yang lebih ketat di sekolah. Dan saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk ikut peduli dan menghentikan serta tidak membiarkan anak-anak menonton acara yang tidak sesuai dengan usianya”, pungkas Menteri PP dan PA.
HUMAS KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK
Telp.& Fax (021) 3456239,

e-mail : humas.kpppa@gmail.com

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Selasa, 18 Februari 2020

Kasus Eksploitasi Seksual dan Perdagangan Anak Melalui Media Online Mengkhawatirkan, Menteri PPPA Angkat Suara (61)

Menanggapi maraknya kasus eksploitasi seksual dan perdagangan anak dengan modus iming-iming pekerjaan bergaji tinggi melalui aplikasi media sosial, Menteri Pemberdayaan…
Buku, Senin, 17 Februari 2020

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak 2018 (30)

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak 2018
Buku, Senin, 17 Februari 2020

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak 2017 (16)

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak 2017
Buku, Senin, 17 Februari 2020

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak 2017 (13)

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak Kabupaten/Kota 2017
Siaran Pers, Minggu, 16 Februari 2020

Kemen PPPA Terjunkan Tim Dampingi Anak Korban Perundungan di Malang (135)

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menerjunkan tim untuk menindaklanjuti kasus perundungan yang menimpa pelajar SMPN 16 Malang,…