INDONESIA SEPAKAT TINGKATKAN KERJASAMA TERKAIT PEREMPUAN DAN ANAK  DENGAN THAILAND, AUSTRALIA, DAN AFGHANISTAN

  • Dipublikasikan Pada : Jumat, 17 Maret 2017
  • Dibaca : 2388 Kali
...

KEMENTERIAN

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

 

PRESS RELEASE

 

INDONESIA SEPAKAT TINGKATKAN KERJASAMA TERKAIT PEREMPUAN DAN ANAK

 DENGAN THAILAND, AUSTRALIA, DAN AFGHANISTAN

 

Siaran Pers Nomor: B- 015/Set/Rokum/MP 01/03/2017

 

New York (16/3) – Di sela-sela rangkaian kegiatan sidang Commission of the Status of Women (CSW) yang berlangsung pada 13-24 Maret 2017, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise melakukan pertemuan bilateral dengan perwakilan Negara Thailand, Australia, dan Afghanistan. Dalam pertemuan tersebut, Menteri Yohana Yembise menjelaskan bahwa Indonesia telah aktif dan menjadi focal point dalam beberapa program kerjasama yang diusung.

 

Pertemuan dengan Minister of Social Development and Human Security (MoSDHS) Thailand membuka peluang bagi penguatan kerja sama kedua negara dalam program ASEAN Committee on Women (ACW) dan ASEAN Commission on the Promotion and Protection of the Rights of Women and Children (ACWC). “Kami berharap kerjasama antara Kemen PPPA dengan MoSDHS Thailand dapat ditingkatkan dan terus menjadi partner dalam joint project di ACW dan ACWC di masa mendatang,” ujar Menteri Yohana.

 

Selain itu, kerjasama bilateral antara Indonesia dan Thailand dilakukan melalui penandatanganan MoU. Isi kesepakatan tersebut fokus pada comparative advantage masing-masing negara, seperti melakukan pelatihan dan advokasi Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG),  Pengarusutamaan Gender (PUG), dan Perlindungan Anak Berbasis Masyarakat.

 

Sementara, pada pertemuan kerjasama bilateral dengan Menteri Urusan Perempuan Australia yang dilakukan pada 15 Maret 2017, Menteri Yohana berharap dapat menandatangani MoU kerjasama langsung dengan Department of Foreign Affairs and Trade Australia (DFAT) agar program kerjasama mendapatkan dukungan penuh dari DFAT karena selama ini kerjasama antara Indonesia dan Australia dalam pengembangan kapasitas para perempuan dilakukan melalui pihak ketiga. Kerjasama tersebut memanfaatkan program bantuan Australian Fellowship Program. Padahal, Kemen PPPA sudah menjadi focal point untuk beberapa pelatihan kerjasama dengan beberapa universitas di Australia sejak 2007.

 

Pada hari yang sama, Menteri Yohana juga melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Urusan Perempuan Afghanistan. Selama ini, pemerintah Afghanistan telah aktif mengutus pejabat senior maupun perwakilan pemerintah untuk mengikuti beberapa program kerjasama antara dua negara melalui pihak ketiga dalam skema Kerjasama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST). Program yang pernah dilakukan, antara lain pelatihan tentang pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan pemberdayaan perempuan melalui keluarga berencana dan intervensi ekonomi. Selain itu, rencana kerjasama lainnya, yakni pelatihan desain busana muslim, pihak Afghanistan telah menyatakan niatnya untuk belajar dari para perancang busana muslim Indonesia. “Indonesia akan terus melibatkan Afghanistan pada program-program kerjasama KSST. Kami berharap pihak Afghanistan juga terus aktif untuk mengirimkan perwakilannya pada program-program yang akan dilaksanakan,” tutup Menteri Yohana.

 

                                                         PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN  PEREMPUAN

                                                                                                 DAN PERLINDUNGAN ANAK

                                                                                                         Telp.& Fax (021) 3448510,

                                                                                        e-mail : publikasikpppa@gmail.com

www.kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Sabtu, 17 April 2021

Masyarakat dan Anak Bergerak Bersama Lindungi Anak Korban Terorisme ( 12 )

Sesuai Konvensi Hak Anak, setiap anak di Indonesia memiliki hak untuk bertumbuh dengan baik, didengarkan pendapat mereka dan memiliki hak…

Siaran Pers, Jumat, 16 April 2021

Wujudkan Nusa Tenggara Barat Lebih Ramah Perempuan dan Anak ( 16 )

Sudah banyak praktik baik yang dilakukan oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Siaran Pers, Jumat, 16 April 2021

Resmikan Radio Sekolah Perempuan, Menteri Bintang Dorong Pemberdayaan Perempuan di Lombok Utara ( 32 )

Desa Sukadana adalah salah satu desa di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang pada tahun…

Siaran Pers, Kamis, 15 April 2021

Poligami Tak Sesuai Syariat Berpotensi Rugikan Perempuan  ( 72 )

Jakarta (15/04) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga mengatakan sebuah perkawinan bukan hanya mengenai kepentingan individu atau…

Siaran Pers, Kamis, 15 April 2021

Cegah Kekerasan dalam Pengasuhan, Kemen PPPA Sosialisasi E-Learning Pengasuhan Positif ( 84 )

Jakarta (14/04) –  Mendidik anak adalah proses pembelajaran bagi para orangtua dengan harapan tumbuh kembang anak mereka terjaga dengan baik…