PASAR MAMA-MAMA, WUJUD KOMITMEN KPPPA DALAM MENINGKATKAN AKSES EKONOMI PADA PEREMPUAN DI PAPUA

  • Dipublikasikan Pada : Rabu, 10 Mei 2017
  • Dibaca : 1448 Kali
...

 

KEMENTERIAN

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

 

PRESS RELEASE

 

PASAR MAMA-MAMA, WUJUD KOMITMEN KPPPA DALAM MENINGKATKAN AKSES EKONOMI PADA PEREMPUAN DI PAPUA

Siaran Pers Nomor: B-40 /Set/Rokum/MP 01/05/2017

 

Jayapura, Papua (10/5) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise hari ini mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan pasar Mama- Mama di Jalan Raya Percetakan, Kota Jayapura, Provinsi Papua. Kunjungan kerja ini menjadi penutup rangkaian Kunjungan Kerja Lintas Nusantara yang dilakukan Presiden Joko Widodo selama 5 hari, diawali dari Provinsi Aceh, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, dan berakhir di Papua.

“Presiden berharap pasar ini secepatnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan mama-mama dan kami juga turut serta memberikan pembinaan kepada mama-mama agar dapat menghasilkan produk-produk unggulan Papua yang akan dijual di pasar ini, bahkan ke luar wilayah Papua," ujar Menteri Yohana usai mendampingi Presiden Jokowi meninjau persiapan pasar Mama-Mama di Papua (10/5).


Keterangan Foto : Pasar Mama Mama, Papua (tampak depan).

 

Pasar Mama-Mama terletak di jantung Kota Jayapura, berdiri megah dibangun di atas lahan tanah seluas 4.490 meter dan dapat menampung hingga 300-an pedagang. Pasar modern ini mempunyai fasilitas penuh dan diharapkan menjadi pilihan destinasi wisata bagi wisatawan asing dan domestik yang berada di Kota Jayapura. Pasar Mama-Mama di Papua ini menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan program unggulan Kementerian PPPA, yakni 3Ends dalam hal mengakhiri ketidakadilan akses ekonomi pada perempuan.

Setelah meninjau pasar Mama-Mama, Menteri Yohana kemudian bertolak melanjutkan kunjungan kerjanya ke workshop Waena Expo yang bergerak di bidang mesin pengolahan makanan rumahan, seperti coklat, kopi, keripik singkong, keripik tempe, dan mesin kupas kulit kacang bersama Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Kementerian Perdagangan, Sihar H Pohan di Tirto Asri, Papua.


Keterangan Foto : Pemilik Workshop Waena Expo, I Made (Baju Biru) sedang menjelasakan salah satu hasil olahan makanan kepada Menteri Yohana (baju batik) dan  Sihar H Pohan (Baju Putih Kanan).


Keterangan Foto : I Made sedang mendemonstrasikan salah satu mesin pengolah makanan.

Menteri Yohana berharap pihaknya dapat menjalin sinergi yang baik dengan Kementerian Perdagangan dalam memajukan perekonomian perempuan di Papua, khususnya dalam hal pembinaan dan pendistribusian mesin-mesin produksi makanan rumahan khas Papua. 

 

                                                         PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN  PEREMPUAN

                                                                                                 DAN PERLINDUNGAN ANAK

                                                                                                         Telp.& Fax (021) 3448510,

                                                                                        e-mail : publikasikpppa@gmail.com

www.kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Buku, Selasa, 22 Oktober 2019

PENILAIAN DAN PEMETAAN TERHADAP  PENDIDIKAN BAGI PEREMPUAN SERTA  DAMPAKNYA PADA PENINGKATAN  SUMBER DAYA MANUSIA PAPUA   DI PAPUA  (11)

LAPORAN PENELITIAN PENILAIAN DAN PEMETAAN TERHADAP  PENDIDIKAN BAGI PEREMPUAN SERTA  DAMPAKNYA PADA PENINGKATAN  SUMBER DAYA MANUSIA PAPUA   DI PAPUA 
Siaran Pers, Senin, 21 Oktober 2019

KEMEN PPPA DORONG KABUPATEN/KOTA MEMBUAT RENCANA AKSI PUSPA (51)

Sebagai wadah bagi lembaga masyarakat yang perduli pada isu perempuan dan anak,
Siaran Pers, Senin, 21 Oktober 2019

Kemen PPPA Dorong Daerah Sinergi untuk Wujudkan RBRA (64)

Pemerintah Daerah berlomba-lomba meraih sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) yang merupakan program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam…
Siaran Pers, Minggu, 20 Oktober 2019

PERCEPAT PENURUNAN ANGKA KEKERASAN ANAK, KEMEN PPPA LATIH UPTD DAN APH MANAJEMEN KASUS (71)

Dalam setiap penanganan kasus kekerasan dan eksploitasi terhadap anak, Konvensi Hak Anak telah mengamanatkan kepentingan terbaik anak diutamakan namun kenyataan…
Siaran Pers, Minggu, 20 Oktober 2019

Ingin Banyak Followers, Milenial Harus Jadi Kreator Konten Kreatif dan Edukatif (62)

Dunia maya tidak hanya menjadikan masyarakat, termasuk anak dan remaja sebagai konsumen, namun juga sebagai pencipta informasi layaknya konten kreator.