SIPP Nasional Permudah Masyarakat Dapatkan Layanan Informasi

  • Dipublikasikan Pada : Senin, 19 Februari 2018
  • Dibaca : 2626 Kali
...

SIPP Nasional Permudah Masyarakat Dapatkan Layanan Informasi

Jakarta - Secara bertahap Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB)
melakukan sosialiasi Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) kepada sejumlah Kementerian dan
Lembaga, pada Jumat (9/2/2018). Sosialisasi yang diikuti 20 Kementerian dan Lembaga ini dimaksudkan
agar seluruh badan publik Kementerian dan Lembaga bisa memberikan pelayanan yang prima kepada
masyarakat.
Terlebih sesuai Grand Desain Reformasi Birokrasi yang diatur dalam Permen PAN No 81 Tahun 2010,
ditargetkan tahun 2025 kualitas pelayanan prima sudah tercapai untuk seluruh wilayah Indonesia
melalui SIPP. Demikian dikatakan Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kemen
PAN-RB, Emida Suparti, disela acara Sosialisasi SP4N-LAPOR! serta Bimbingan Teknis Sistem Informasi
Pelayanan Publik (SIPP), Jumat (9/2/2018) di Kantor KemenPAN-RB.
Menurut Emida, hasil evaluasi terhadap pelayanan publik saat ini masih banyak masyarakat yang
kecewa dengan pelayanan publik. Masyarakat kecewa karena informasi pelayanan publik masih berjalan
lambat, tidak menepati janji, diskriminatif, prosedur berbelit-belit, tidak transparan, biaya mahal dan
sulitnya informasi pelayanan publik.
Selain itu banyak unit pelayanan belum menginformasikan profil penyelenggara, profil pelaksana,
standar pelayanan, maklumat pelayanan dan informasi pengelolaan pengaduan. Pelayanan publik juga
masih banyak yang belum menyusun standar pelayanan, menetapkan standar pelayanan dan janji
layanan, menginformasikan hasil penilaian kinerja pelayanan publik.
SIPP memuat informasi pelayanan publik, Index Pelayanan Publik (IPP), Survey Kepuasan Masyarakat
(SKM), dan Survey Rormasi Birokrasi (SRB) seluruh instansi pemerintah. Dan dasar hukum dari
penyelenggaraan SIPP nasional adalah keterbukaan informasi publik, pelayanan publik, Grand Desain
Reformasi Birokrasi 2010-2025 dan pedoman sistem informasi pelayanan publik.
“Acara sosialisasi ini dilakukan secara bertahap mulai dari tahun 2017. Sosialisasi dilakukan setiap hari
Jumat dengan mengundang 20 Kementerian/Lembaga. Tujuan kita dengan adanya sosialisasi SIPP ini,
pemerintah ingin meningkatkan kualitas pelayanan publiknya kepada masyarakat di seluruh Indonesia.
Salah satunya caranya dengan penyediaan informasi pelayanan publik melalui SIPP secara nasional.
Dengan adanya SIPP, masyarakat bisa ada kepastian dan tidak lagi mendapatkan informasi hoax di
website yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” ujar Emida.
Sementara mengenai aplikasi LAPOR, lanjut Ermida, dari KPK sudah menginformasikan kepada Provinsi,
Kabupaten dan Kota agar SIPP juga terhubung dengan LAPOR. “Harapan kita tidak hanya satu saja yang
terhubung dengan SIPP tapi juga dengan LAPOR, karena masyarakat butuh tindak lanjut dari
pengaduan.”
Menurutnya, tidak ada sanksi jika Kementerian atau Lembaga belum menyediakan SIPP. Namun adanya
SIPP di tiap-tiap Kementerian dan Lembaga merupakan amanah Undang-Undang No 14 Tahun 2008
tentang Keterbukaan Informasi Publik,” ujarnya.(ari/hms)

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Senin, 28 September 2020

Peran Ibu Sebagai ‘Manajer’ Keluarga dalam Pencegahan Covid-19 (28)

Jakarta (28/9) – Perempuan khususnya seorang ibu, memiliki peran penting untuk terlibat menjaga agar keluarga tidak terpapar Covid-19. Menteri Pemberdayaan…
Siaran Pers, Minggu, 27 September 2020

Menteri Bintang Ajak Forum Anak Nasional Kampanyekan Protokol Kesehatan 3M (49)

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengajak anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak Nasional (FAN) untuk ikut…
Siaran Pers, Minggu, 27 September 2020

Kesiapsiagaan Anak Hadapi Bencana Dimulai Dari Keluarga (90)

Indonesia merupakan negara yang rentan dilanda berbagai bencana, tidak hanya bencana alam, tetapi juga bencana non alam seperti pandemi Covid-19…
Siaran Pers, Sabtu, 26 September 2020

Cegah Covid-19 Kluster Keluarga, Menteri Bintang Ajak Masyarakat Disiplin Terapkan ‘3M’ (212)

Pemerintah sangat mewaspadai penyebaran Covid-19 yang terus meluas hingga memunculkan penyebaran kluster keluarga
Siaran Pers, Jumat, 25 September 2020

Keluarga Semakin Terdampak Covid-19, Ini Arahan Presiden kepada Menteri Bintang (105)

Pandemi Covid-19 menimbulkan dampak yang sangat besar, terutama bagi perempuan dan anak, termasuk lanjut usia (Lansia). Pada September 2020, kasus…