Mari Lindungi Perempuan dan Anak melalui Sinergi Masyarakat

  • Dipublikasikan Pada : Rabu, 28 Maret 2018
  • Dibaca : 2032 Kali
...

KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

 

PRESS RELEASE

 

Mari Lindungi Perempuan dan Anak melalui Sinergi Masyarakat

    Siaran Pers Nomor: B- 031/Set/Rokum/MP 01/03/2018

 

Semarang, (28/3) – Peran Masyarakat begitu penting dalam mendukung Pemerintah untuk terus berupaya menangani permasalahan perempuan dan anak. Melalui Rakortek Forum PUSPA 2018 diharapkan elemen masyarakat dapat bersinergi serta memperluas jejaring baik lembaga masyarakat, lembaga keagamaaan, badan usaha, lembaga riset, media massa serta lainnya demi mewujudkan Kesejahteraan Perempuan dan Anak.

“Ada dua target yang diharapkan dapat tercapai melalui Rakortek kali ini, diantaranya yaitu terbentuknya forum partisipasi publik di 34 provinsi yang diharapkan dapat bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas PPPA) di setiap Provinsi, untuk menghasilkan 34 model dengan isu atau pendekatan yang berbeda sesuai kondisi daerah masing-masing. Model ini akan dijadikan bahan pedoman untuk disinergikan serta dipamerkan dalam PUSPA Nasional Tahun 2018,” ujar Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian PP dan PA, Agustina Erni dalam Penutupan Rakortek Forum PUSPA Tahun 2018 di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (28/3).

Target kedua yaitu terbentuknya mekanisme dalam melindungi perempuan dan anak di seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing, seperti membuat rencana kerja, serta database lembaga masyarakat yang tergabung dalam PUSPA. Perlu dibangun mekanisme komunikasi yang efektif dan optimal antara pemerintah daerah dan forum komunikasi di seluruh daerah, seperti membentuk sekretariat di Dinas PPPA, mengatur mekanisme komunikasi antara Provinsi dan Kabupaten/Kota baik secara horizontal maupun vertikal.

“Semakin luas jejaring lembaga masyarakat maka semakin mudah menjangkau masyarakat lainnya untuk bersinergi melalui Forum PUSPA itu sendiri, namun hambatan saat ini yaitu masih adanya ego sektoral di masing-masing lembaga masyarakat. Maka sinergi antara pemerintah daerah dengan seluruh lembaga masyarakat begitu penting, dengan fokus pada satu isu di satu target wilayah sasaran, berpegang pada prinsip sinergi yaitu saling berbagi, baik dalam ilmu, informasi, data, dana, dan sebagainya. Para pelaku kejahatan saja berjejaring, maka pemerintah dalam menyelesaikan masalah juga perlu berjejaring,” ungkap Erni.

Erni mengapresiasi semangat seluruh perwakilan elemen masyarakat yang hadir dalam Rakortek kali ini dan berharap agar semua peserta dapat membaginya hingga ke level paling bawah dalam masyarakat, serta bermanfaat dalam meningkatkan hubungan efektif baik antara pemerintah daerah dan lembaga masyarakat di daerah. Pentingnya bersama-sama memperluas jejaring kerja antar masyarakat demi kesejahteraan perempuan dan anak.

 

                                    PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN  PEREMPUAN

                                                                                                                                       DAN PERLINDUNGAN ANAK

                                                                                                                                             Telp.& Fax (021) 3448510,

                                                                                                                          e-mail : publikasi@kemenpppa.go.id

 

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Sabtu, 21 September 2019

PPT KTPA Bentuk Negara Hadir Lindungi Perempuan dan Anak (41)

Pusat Pelayanan Terpadu Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak (PPT KTPA) RSUD Beriman Balikpapan yang berdiri sejak Februari 2019 memberikan penanganan…
Siaran Pers, Sabtu, 21 September 2019

Teman Sebaya Dukung Sekolah Ramah Anak (50)

Teman Sebaya berperan besar dalam mendorong terwujudnya Sekolah Ramah Anak (SRA).
Siaran Pers, Sabtu, 21 September 2019

Ayo ke PUSPAGA, Demi Keluarga Berkualitas! (40)

Menjadi orang tua di zaman sekarang memiliki tantangan yang lebih berat daripada menjadi orang tua di zaman dahulu.
Siaran Pers, Jumat, 20 September 2019

Komitmen Pimpinan Pusat Dan Daerah Pacu Pembangunan Pppa (67)

Kepulauan Seribu (19/09) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) melakukan Rapat Evaluasi Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan…
Siaran Pers, Jumat, 20 September 2019

Kab.Sleman Berlari Menuju KLA (85)

"Kabupaten Sleman hingga sekarang terus berlari menuju Kabupaten Layak Anak (KLA)"