HIV/AIDS : ANCAMAN NYATA BAGI ANAK

  • Dipublikasikan Pada : Kamis, 31 Mei 2018
  • Dibaca : 1994 Kali
...

KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

 

PRESS RELEASE

HIV/AIDS : ANCAMAN NYATA BAGI ANAK

    Siaran Pers Nomor: B- 088/Set/Rokum/MP 01/05/2018

 

JAKARTA (31/5) - Asisten Deputi Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat dan Pornografi, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), Valentina Gintings, mengatakan jika informasi pencegahan HIV/AIDS belum banyak diketahui masyarakat. Bahkan terbilang tabu sebagai topik yang dibicarakan oleh orang tua dan anak. Padahal, HIV/AIDS merupakan ancaman nyata bagi generasi penerus.

"KemenPPPA fokus pada upaya pencegahan, sehingga pengenalan tentang HIV/AIDS pada anak sejak dini menjadi penting," terang Valentina Gintings dalam Safari Ramadhan di Pondok Pesantren An Nuriyah, Jakarta.

Melalui Safari Ramadhan Sosialisasi BERLIAN (Bersama Lindungi Anak) 2018, KemenPPPA berupaya menerapkan hal yang berbeda dan unik dalam menyampaikan informasi pencegahan HIV/AIDS, yakni dengan musik.

"Edukasi pada anak akan sangat membosankan jika hanya dijejali dengan materi dan suasana yang formal. Apalagi isunya tentang HIV/AIDS. Diharapkan, anak dan remaja lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan dan diri mereka," ujar Valentina Gintings.

Jumlah penderita HIV/AIDS terutama usia anak meningkat signifikan tiap tahun. Dari 5 Provinsi, DKI Jakarta masuk dalam daerah dengan sebaran data kasus HIV & AIDS terbanyak. Data menunjukkan, dari Januari-Maret 2017, jumlah kasus infeksi HIV pada anak mencapai 642 jiwa. Hal ini tambah Valentina Gintings, membuktikan bahwa HIV/AIDS merupakan masalah yang serius dan lebih rentan berdampak pada anak.

"Kegiatan ini sangat positif, karena membangun kesadaran bagi anak-anak khususnya terkait HIV/AIDS. Sudah jadi tugas kita bersama pula untuk melindungi setiap anak. Menyiapkan calon pemimpin yang cerdas dan sehat. Termasuk terhindar dari HIV/AIDS," ujar Uzt Sultoni Arifin, Dewan Guru Perwakilan Pimpinan Yayasan An Nuriyah.

 

 

                                   PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

                                                                                                                                       DAN PERLINDUNGAN ANAK

                                                                                                                                             Telp.& Fax (021) 3448510,

                                                                                                            e-mail : publikasi@kemenpppa.go.id 

     www.kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Senin, 19 April 2021

Menteri Bintang Dorong Anak Dilibatkan  dalam Musrenbang ( 27 )

Jakarta (18/04) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) terus mendorong peningkatan partisipasi anak di dalam setiap proses pembangunan

Siaran Pers, Sabtu, 17 April 2021

Masyarakat dan Anak Bergerak Bersama Lindungi Anak Korban Terorisme ( 93 )

Sesuai Konvensi Hak Anak, setiap anak di Indonesia memiliki hak untuk bertumbuh dengan baik, didengarkan pendapat mereka dan memiliki hak…

Siaran Pers, Jumat, 16 April 2021

Wujudkan Nusa Tenggara Barat Lebih Ramah Perempuan dan Anak ( 43 )

Sudah banyak praktik baik yang dilakukan oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Siaran Pers, Jumat, 16 April 2021

Resmikan Radio Sekolah Perempuan, Menteri Bintang Dorong Pemberdayaan Perempuan di Lombok Utara ( 74 )

Desa Sukadana adalah salah satu desa di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang pada tahun…

Siaran Pers, Kamis, 15 April 2021

Poligami Tak Sesuai Syariat Berpotensi Rugikan Perempuan  ( 89 )

Jakarta (15/04) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga mengatakan sebuah perkawinan bukan hanya mengenai kepentingan individu atau…