Memulihkan Kepercayaan Publik Dengan Mewujudkan Jaksa Sahabat Masyarakat

  • Dipublikasikan Pada : Rabu, 11 Juli 2018
  • Dibaca : 524 Kali
...

22 Juli 2018, Kejaksaan RI genap berusia 58 tahun. Lebih dari setengah abad menjadi lembaga pemerintahan yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan serta kewenangan lain berdasarkan undang-undang, Korps Adhyaksa terus berupaya menjadi sahabat masyarakat. “Kami terus berupaya serta memaksimalkan kualitas penegakan hukum untuk memulihkan dan membangun kepercayaan (trust), sekaligus memenuhi harapan publik yaitu Indonesia yang berkeadilan,” kata Jaksa Agung H.M. Prasetyo.

 

Tak kenal maka tak sayang, sehingga salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan publik adalah dengan mengenalkan sisi lain Kejaksaan kepada masyarakat luas. Diharapkan dengan mengenal lebih dekat, Jaksa dapat menjadi sahabat yang mendapatkan tempat istimewa di hati masyarakat. “Jaksa Sahabat Masyarakat merupakan upaya membangun kepercayaan publik dalam rangka mewujudkan institusi Kejaksaan yang dihormati, dihargai, dibanggakan dan dibela keberadaannya oleh masyarakat,” ujar Jaksa Agung.

 

Jaksa Agung mengatakan, membangun kepercayaan publik merupakan fondasi bagi kelancaran dan kesuksesan pembangunan nasional. Lebih dari itu, kepercayaan publik menjadi penentu keamanan dan stabilitas politik suatu negara. “Aparatur Kejaksaan harus mampu menghadirkan serta mewujudkan nilai-nilai keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum yang terukur dan dirasakan hasilnya secara nyata oleh masyarakat,” kata Jaksa Agung.

 

Sesuai dengan Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia nomor: KEP-120/A/JA/07/2018, Hari Bhakti Adhyaksa ke-58 Tahun 2018 mengangkat tema “Berkarya dan Berbakti Sepenuh Hati Menjaga Negeri”. Tema tersebut dirasakan tepat jika dihubungkan dengan kondisi tantangan aktual penegakan hukum saat ini serta sebagai wujud dukungan Kops Adhyaksa dalam mensukseskan penyelenggaraan agenda nasional yang turut menentukan martabat bangsa antara lain rangkaian tahapan Pilkada Serentak 2018, Asian Games ke-18, Annual Meeting IMF-World Bank di Bali pada bulan Oktober 2018 serta rangkaian tahapan persiapan pemilihan umum 2019. Konsolidasi yang dilakukan Kejaksaan melalui perhelatan Hari Bhakti Adhyaksa merupakan upaya untuk mewujudkan Jaksa Sahabat Masyarakat.

*Kejaksaan Agung

 

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Rabu, 20 Februari 2019

Kemendag Revitalisasi Pasar Rakyat untuk Perkuat Ekonomi Kerakyatan (52)

akarta, 20 Februari 2019 - Kementerian Perdagangan berkomitmen memperkuat ekonomi kerakyatan dengan melakukan program revitalisasi pasar rakyat.
Siaran Pers, Senin, 18 Februari 2019

PELAKU PELECEHAN SEKSUAL ATLET ANAK DIVONIS BEBAS MURNI (225)

Samarinda (18/2) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) berkomitmen mengawal kasus pencabulan terhadap anak yang berinisial R (16)…
Siaran Pers, Rabu, 20 Februari 2019

MENTERI PPPA DORONG PENGUATAN PUG DI K/L DAN PEMDA  (341)

Jakarta (19/02) – Dalam pembangunan, masih ada kesenjangan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat (APKM) khususnya terhadap perempuan dan anak.
Siaran Pers, Jumat, 15 Februari 2019

PENTINGNYA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK UNTUK HINDARKAN PAPARAN PORNOGRAFI (186)

Teknologi pada dasarnya bersifat netral layaknya mata pisau bagi para penggunanya, termasuk anak – anak.
Siaran Pers, Kamis, 14 Februari 2019

PERSIAPKAN CSW KE-63, ASIA-PASIFIK GELAR PERTEMUAN (141)

Bangkok (13/02) – Menyambut sidang Commision on the Status of Women atau CSW ke-63 yang akan digelar pada 11-22 Maret…