KALIMANTAN TENGAH,  PROVINSI PERTAMA SEMARAKKAN PHI KE-90

  • Dipublikasikan Pada : Kamis, 13 Desember 2018
  • Dibaca : 272 Kali
...

KEMENTERIAN
PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK
REPUBLIK INDONESIA

PRESS RELEASE

KALIMANTAN TENGAH,  PROVINSI PERTAMA SEMARAKKAN PHI KE-90

Siaran Pers Nomor: B-263/Set/Rokum/MP 01/12/2018

Palangka Raya, Kalimantan Tengah (13/12) – Mengawali serangkaian Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-90, yang puncaknya akan diselenggarakan pada tanggal 22 Desember 2018 di Bukittinggi, Sumatera Barat. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) bersama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah turut menyemarakkan PHI ke-90 dengan menyelenggarakan berbagai macam kegiatan di Kota Palangka Raya. 

Dalam sambutannya, Menteri Yohana menuturkan bahwasanya rakyat Indonesia harus mengakui capaian yang telah diraih oleh kaum perempuan pada masa ini merupakan hasil jerih payah yang telah diperjuangkan oleh para pejuang perempuan pada masa yang lalu.

“Saat ini, sudah banyak perempuan yang berhasil dan sukses berkiprah di berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, serta mampu menjadi motor penggerak dan perubahan bagi lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.” Ujar Menteri Yohana. 

Senada dengan Menteri Yohana, Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengatakan bahwa apabila potensi perempuan digali dan diberikan kesempatan yang sama dengan laki laki maka dampak positifnya akan dapat dirasakan bagi pembangunan dan kesejahteraan perempuan di Kalimantan Tengah. 

“Kami juga telah melakukan terobosan yang nyata, salah satunya dengan membuat anggaran yang responsive gender. Hampir semua Kabupaten/Kota di Kalteng aktif memberikan respon penilaian nasional dengan harapan dapat mengukur kekurangan dan kelebihan masing masing Kab/Kota. Kami juga memberikan apresiasi kepada 5 Kabupaten dengan nilai tertinggi, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Burung Raya, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Sukamara. Dengan harapan 2 tahun yang akan datang sudah ada Kab/Kota yang dapat penghargaan Anugerah Prahita Eka Praya” Pungkas Sugianto. 

Pada PHI ke-90 ini mempunyai tujuan untuk  mewujudkan peningkatan perempuan Indonesia dalam setiap aspek kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menuju pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkeadilan. 
 
Oleh karenanya, tema PHI ke-90 yang mengangkat tema Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-Laki dalam Membangun Ketahanan Keluarga untuk Kesejahteraan Bangsa, menjadi sangat kontekstual dan relevan untuk kondisi saat ini. Perjuangan atas pengakuan dan pemenuhan hak-hak perempuan, termasuk terhindar dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi dapat disinergiskan dengan upaya penyadaran kepada berbagai pihak, terutama kepada kelompok laki-laki akan peran strategis kaum perempuan dalam pembangunan bangsa ini.

Kegiatan yang dilakukan selama dua hari di kota Palangka Raya pada tanggal 12 s.d. 13 Desember 2018 ini dihadiri sekitar 500 orang dari seluruh lapisan masyarakat (organisasi perangkat daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, pengusaha, organisasi perempuan serta masyarakat umum). Adapun serangkaian kegiatannya adalah dialog antar generasi, berbagai perlombaan, donor darah, layanan kesehatan gratis, kunjungan sosial ke Panti Werda Sinta Rangkang serta pameran Expo Usaha Kecil dan Menengah produk-produk perempuan. 

“Semoga momentum PHI ke-90 tahun ini, dapat menjadi bahan renungan dan mampu menumbuhkan kesadaran kuat kita bagi kita semua, bahwa membangun kebersamaan perempuan dan laki-laki dalam menghadapi dan menyelesaikan berbagai tantangan yang dihadapi kaum perempuan saat ini, sejatinya akan memperkuat ketahanan keluarga, yang pada akhirnya akan bermuara pada meningkatnya kesejahteraan bangsa.” Tutup Menteri Yohana.

PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN                                                                                                
DAN PERLINDUNGAN ANAK
Telp.& Fax (021) 3448510. e-mail : publikasi@kemenpppa.go.id                                                                                                                                                                                                     www.kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Kamis, 18 April 2019

Dibalik Persiapan Forum Anak Nasional 2019, Ewako! (89)

Makassar (13/04) – Menjelang 3 bulan hajatan besar Pertemuan Forum Anak Nasional (FAN) 2019, berbagai persiapan telah dilakukan Kementerian Pemberdayaan…
Siaran Pers, Kamis, 18 April 2019

Angka KDRT di Banda Aceh Mengkhawatirkan, Generasi Muda Harus Bangkit! (79)

Sebanyak 250 masyarakat kota Banda Aceh yang terdiri dari perwakilan berbagai komunitas remaja dan perempuan, secara serentak mendeklarasikan Komitmen Cegah…
Siaran Pers, Selasa, 16 April 2019

MENTERI YOHANA TURUN TANGAN PASTIKAN HAK ANAK TERPENUHI (663)

Pontianak (16/04) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise menegaskan kasus kekerasan anak di Pontianak harus diupayakan…
Siaran Pers, Jumat, 12 April 2019

LSM Harus Pertimbangkan Kepentingan Terbaik Untuk Anak (659)

Jakarta (12/4) Lembaga masyarakat harus memastikan bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan mempertimbangkan kepentingan terbaik untuk anak. Kepentingan terbaik untuk anak…
Siaran Pers, Kamis, 11 April 2019

KEMITRAAN PEMERINTAH-SWASTA-LEMBAGA MASYARAKAT DALAM PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG DAN PERDAGANGAN SERTA PENYELUDUPAN MANUSIA DI KAWASAN ASIA PASIFIK (770)

Pada 8-10 April 2019 Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (Kemen PPPA) melalui Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kemen PPPA…