Komitmen Bersama Kab.Rejang Lebong Tingkatkan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran

  • Dipublikasikan Pada : Selasa, 14 Mei 2019
  • Dibaca : 290 Kali
...

Siaran Pers Nomor: B-084/Set/Rokum/MP 01/05/2019

 

Rejang Lebong (14/5) – Dalam rangka peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran bagi anak di Kabupaten Rejang Lebong, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) melalui Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak bekerja sama dengan Dinas PPPAPPKB Kab. Rejang Lebong menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kebijakan Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran (30/4) di Kab. Rejang Lebong.

Kepala Bidang Pemenuhan Hak Sipil dan Informasi Layak Anak Kemen PPPA, Sri Martani Wahyu Widayati mengungkapkan bahwa salah satu indikator Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) adalah pemenuhan hak sipil anak yang diantaranya adalah kepemilikan akta kelahiran. Pemenuhan hak anak atas kepemilikan akta kelahiran merupakan tanggung jawab bersama dan memerlukan sinergi antar organisasi perangkat daerah.

 

Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Pranoto menjelaskan bahwa salah satu dasar yang mendukung pemenuhan hak kepemilikan akta kelahiran di Kab. Rejang Lebong yakni Peraturan Bupati terkait Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Sedangkan untuk menjadi Kabupaten/Kota Layak Anak, hak kepemilikan akta kelahiran harus terpenuhi.

“Saat ini, Kabupaten Rejang Lebong telah melampaui target nasional cakupan kepemilikan akta kelahiran 85%. Menurut data SIAK Kementerian Dalam Negeri pada 2018, cakupan kepemilikan akta kelahiran di Kab. Rejang Lebong telah mencapai angka 91,55 %.  Akta kelahiran merupakan hal penting yang harus dipenuhi sebab kepemilikan akta kelahiran akan mempermudah seseorang untuk memperoleh haknya,” ujar Pranoto.

Plt. Kepala Dinas PPPAPPKB Kab.Rejang Lebong, Heri Wartono menjelaskan Pemkab Rejang Lebong telah melakukan berbagai upaya meningkatkan cakupan kepemilikan akta kelahiran, diantaranya membuat kebijakan terkait percepatan kepemilikan akta kelahiran, melibatkan SDM yang memahami konvensi hak anak, serta melakukan kemitraan organisasi, lembaga dan media.

Di samping itu, Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Rejang Lebong, Hartati menegaskan saat ini pelayanan administrasi kependudukan telah menganut stelsel aktif. Pemerintah dituntut aktif melakukan pelayanan ke masyarakat secara langsung.

Sosialisasi ini menghasilkan komitmen bersama yang menyatakan bahwa Kab.Rejang Lebong akan terus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan angka kepemilikan akta kelahiran sebesar 97% pada Desember 2019.

 

                       

PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN  PEREMPUAN

DAN PERLINDUNGAN ANAK

Telp.& Fax (021) 3448510,

e-mail : publikasi@kemenpppa.go.id

 

 

 

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Kamis, 19 September 2019

Nextgen Networking, Wadah Jejaring Mahasiswa Peduli Perlindungan Anak (16)

Jakarta (19/09) – Staf Khusus Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Wilayah Barat, Albaet Pikri
Siaran Pers, Kamis, 19 September 2019

Didik dan Lindungi Anak adalah Kepuasan Batin (44)

Anak itu, akan menjadi apa nantinya ya tergantung orang tua mereka"
Siaran Pers, Kamis, 19 September 2019

INDONESIA MILIKI 117 PUSPAGA SEBAGAI UNIT LAYANAN PENCEGAHAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (216)

Sejak diinisiasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) pada tahun 2016, Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) hingga tahun ini…
Siaran Pers, Rabu, 18 September 2019

Palu Pulih, Perempuan dan Anak Palu Harus Bangkit! (78)

Bencana gempa bumi dengan kekuatan lebih dari 7 SR disusul tsunami dan likuifasi yang mengguncang Palu, Sigi dan Donggala, pada…
Siaran Pers, Rabu, 18 September 2019

Toreh Banyak Prestasi, Kab. Sleman Jadi Salah Satu Tuan Rumah Media Trip KLA 2019 (87)

Kab.Sleman (18/09) “Anak Sleman, Anak Kita Semua”. Slogan tersebut bukanlah sekadar kata – kata bagi Kabupaten Sleman. Prestasi yang ditoreh…