Kemen PPPA Penuhi Hak Bermain Anak Melalui RBRA

  • Dipublikasikan Pada : Jumat, 11 Oktober 2019
  • Dibaca : 1544 Kali
...

Siaran Pers Nomor: B-240/Set/Rokum/MP 01/10/2019

Yogyakarta (11/10) – “Negara hadir untuk melindungi anak, diantaranya dengan mengupayakan pemenuhan hak anak untuk bermain melalui penyediaan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA),” ujar Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pengasuhan, Keluarga, dan Lingkungan, Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Rohika Kurniadi Sari pada kegiatan Penilaian Standarisasi dan Sertifikasi RBRA yang berlangsung sejak 07-10 Oktober 2019 di Yogyakarta.

Rohika menambahkan bermain merupakan salah satu hak anak yang wajib dipenuhi untuk percepatan Kabupaten/Kota Layak Anak. Oleh sebab itu sarana dan prasarana di Ruang Bermain Anak harus ramah anak agar dapat memberikan tumbuh kembang yang optimal bagi anak. 

Undang- Undang Nomor 35 Tahun 2014 yang merupakan perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 mengamanatkan bahwa Negara, Pemerintah, dan Pemerintah Daerah berkewajiban dan bertanggung jawab memberikan dukungan sarana, prasarana, dan ketersediaan sumberdaya manusia dalam penyelenggaraan perlindungan Anak. Salah satunya melalui penyediaan sarana dan prasarana  Ruang Bermain Ramah Anak. 

Rohika melanjutkan, demi terwujudnya Ruang Bermain Ramah Anak, pihaknya bersama dengan Tim Ahli RBRA melakukan kegiatan Penilaian Standardisasi dan Sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak di tahun 2019 ini di 30 kabupaten/kota.

“Penilaian standardisasi dan sertifikasi RBRA dilaksanakan di 3 Kabupaten/Kota di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Yaitu Kota Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kabupaten Kulon Progo,” terang Rohika.

10 Oktober 2019 lalu, Tim Ahli RBRA mengumumkan bahwa RBA Taman Pintar, Kota Yogyakarta diusulkan di sertifikasi dengan peringkat RBRA, RBA Taman Kota Kebun Palem, Kabupaten Gunung Kidul diusulkan disertifikasi dengan peringkat RBRA, dan RBA Alun-Alun Wates, Kabupaten Kulon Progo diusulkan disertifikasi dengan peringkat RBRA Nindya.


                                              PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN  PEREMPUAN
                                                                                                 DAN PERLINDUNGAN ANAK
                                                                                                         Telp.& Fax (021) 3448510,
                                                                                        e-mail : publikasikpppa@gmail.com

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Senin, 19 April 2021

Menteri Bintang Dorong Anak Dilibatkan  dalam Musrenbang ( 34 )

Jakarta (18/04) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) terus mendorong peningkatan partisipasi anak di dalam setiap proses pembangunan

Siaran Pers, Sabtu, 17 April 2021

Masyarakat dan Anak Bergerak Bersama Lindungi Anak Korban Terorisme ( 94 )

Sesuai Konvensi Hak Anak, setiap anak di Indonesia memiliki hak untuk bertumbuh dengan baik, didengarkan pendapat mereka dan memiliki hak…

Siaran Pers, Jumat, 16 April 2021

Wujudkan Nusa Tenggara Barat Lebih Ramah Perempuan dan Anak ( 46 )

Sudah banyak praktik baik yang dilakukan oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Siaran Pers, Jumat, 16 April 2021

Resmikan Radio Sekolah Perempuan, Menteri Bintang Dorong Pemberdayaan Perempuan di Lombok Utara ( 77 )

Desa Sukadana adalah salah satu desa di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang pada tahun…

Siaran Pers, Kamis, 15 April 2021

Poligami Tak Sesuai Syariat Berpotensi Rugikan Perempuan  ( 90 )

Jakarta (15/04) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga mengatakan sebuah perkawinan bukan hanya mengenai kepentingan individu atau…