Mama Yo Libatkan Forum Anak untuk Wujudkan Nabire Trada Sampah

  • Dipublikasikan Pada : Sabtu, 12 Oktober 2019
  • Dibaca : 971 Kali
...

Nabire (12/10) – Sampah plastik sudah menjadi isu besar dan kritis di Indonesia. Badan Pusat Statistik mencatat sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/tahun dan Indonesia menjadi penghasil sampah plastik nomer dua terbanyak setelah Cina.  Sadar bahwa sampah plastik menjadi ancaman besar untuk ekosistim kehidupan maka pemerintah mulai gencar melakukan kampanye melibatkan seluruh komponen masyarakat.
 
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menangkap moment ini dan mulai melibatkan Forum Anak untuk menjadi pelopor dan pelapor dalam Isu Lingkungan Hidup. Forum Anak kota Nabire Provinsi Papua oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise (Mama Yo) dilibatkan menjadi pelopor isu lingkungan karena lingkungan yang sehat dan nyaman akan mendukung tumbuh kembang anak.
 
“Aksi untuk mendukung world clean up day harus rutin dilakukan dan Forum Anak kota Nabire ini sudah dibekali tradisi sadar akan membuang dan mengelola sampah organik dan plastik. Kami gerakkan Forum Anak untuk menggerakkan hati para pelajar agar sadar akan sampah sekaligus menjadikan Forum Anak sebagai pelopor dan pelapor adanya perubahan perilaku dan cara berpikir tidak hanya dalam hal pencegahan kekerasan tetapi juga menyelamatkan lingkungan hidup,” ujar Mama Yo saat kegiatan Nabire Trada Sampah di SMP Negeri 1 Nabire. Kegiatan ini menurut Mama Yo menjadi dasar pondasi kesadaran cara berpikir bagi anak-anak agar tidak mengulang kebiasaan buruk yang masih banyak dilakukan orang dewasa dalam membuang sampah.
 
Mama Yo menambahkan semangat cinta lingkungan harus dibangun sejak anak-anak agar menjadi kebiasaan yang baik hingga masa depan. Mama Yo berharap kegiatan peduli lingkungan seperti ini tidak hanya dilakukan sekarang, tapi juga bisa menjadi kebiasaan dan gaya hidup masyarakat Nabire untuk mendukung terciptanya lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman. Mama Yo dalam kesempatan ini juga melakukan penanaman pohon dan menandatangani petisi Forum Anak Nabire yang berisi komitmen menjaga kota Nabire agar bersih dan sehat.
 
Kesadaran Nabire Trada Sampah sendiri sudah beberapa tahun ini dimulai oleh SMP Negeri 1 Nabire melalui seruan LISA ( Lihat Sampah Angkat ) dan LIBRA ( Lihat Berantakan Rapikan ). Gerakan serupa juga dilakukan SMA Negeri 1 Nabire yang memanfaatkan sampah plastik dari bekas botol minum menjadi bak sampah dan dibentuk menjadi batako.

 

 
 
PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN
DAN PERLINDUNGAN ANAK

Telp.& Fax (021) 3448510,

e-mail: publikasi@kemenpppa.go.id

www.kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Senin, 19 April 2021

Menteri Bintang Dorong Anak Dilibatkan  dalam Musrenbang ( 7 )

Jakarta (18/04) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) terus mendorong peningkatan partisipasi anak di dalam setiap proses pembangunan

Siaran Pers, Sabtu, 17 April 2021

Masyarakat dan Anak Bergerak Bersama Lindungi Anak Korban Terorisme ( 81 )

Sesuai Konvensi Hak Anak, setiap anak di Indonesia memiliki hak untuk bertumbuh dengan baik, didengarkan pendapat mereka dan memiliki hak…

Siaran Pers, Jumat, 16 April 2021

Wujudkan Nusa Tenggara Barat Lebih Ramah Perempuan dan Anak ( 37 )

Sudah banyak praktik baik yang dilakukan oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Siaran Pers, Jumat, 16 April 2021

Resmikan Radio Sekolah Perempuan, Menteri Bintang Dorong Pemberdayaan Perempuan di Lombok Utara ( 57 )

Desa Sukadana adalah salah satu desa di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang pada tahun…

Siaran Pers, Kamis, 15 April 2021

Poligami Tak Sesuai Syariat Berpotensi Rugikan Perempuan  ( 84 )

Jakarta (15/04) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga mengatakan sebuah perkawinan bukan hanya mengenai kepentingan individu atau…