Website FAN Dukung Peran 2P Forum Anak

  • Dipublikasikan Pada : Minggu, 10 November 2019
  • Dibaca : 570 Kali
...

Siaran Pers Nomor: B-280/Set/Rokum/MP 01/11/2019

Bogor (10/11) Fasilitator Forum Anak (FA) memiliki peran yang sangat penting untuk mendampingi Forum Anak Daerah (FAD) dalam menjalankan perannya sebagai Pelopor dan Pelapor (2P). Demi mendukung peran tersebut, dibutuhkan kemampuan dalam mengarahkan dan mendampingi FAD, khususnya terkait pengumpulan data keanggotaan FA dan pengelolaan media publikasi terkait FA di daerah asalnya melalui Website Forum Anak Nasional (FAN) yang telah diluncurkan bertepatan pada Hari Anak Nasional (HAN) 23 Juli 2019 lalu.

“Website FAN merupakan wadah komunikasi bagi seluruh anggota FA di Indonesia. Selama ini, FAD di seluruh Indonesia memiliki kegiatannya masing - masing. Oleh karenanya, dibutuhkan peran fasilitator FA yang nantinya menjadi admin Website FAN untuk mengumpulkan informasi terkait kegiatan FA di daerahnya untuk mempercepat update informasi Website FAN,” terang Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil, Informasi, dan Partisipasi Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Lies Rosdianty dalam kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator Forum Anak Nasional Tahun 2019 yang diselenggarakan pada 8 – 10 November 2019 di Bogor, Jawa Barat.

Dalam pengelolaan Website FAN, selain mengumpulkan informasi terkait kegiatan FA di daerahnya masing – masing, fasilitator juga berperan untuk mendorong para anggota FA di daerahnya untuk berkontribusi memberikan informasi terkait kegiatan mereka dalam bentuk berita atau artikel. Selain itu, mereka juga berperan untuk melakukan update terkait jumlah anggota FA di daerahnya masing – masing. Update keanggotaan FA tersebut juga menyertakan Surat Keterangan (SK) keanggotaan FA untuk validitas data.

Salah satu anggota FAN, Fayanna Ailisha mengatakan di era teknologi ini, website FAN sangat bermanfaat bagi seluruh anggota FA untuk menjalin komunikasi dan mengetahui kegiatan FA di daerah lainnya. Dibutuhkan komitmen seluruh anggota FA untuk terus memberikan infomasi dan tanggung jawab fasilitator sebagai admin website untuk memfilter konten yang akan naik ke website.

PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN DAN PERLINDUNGAN ANAK
Telp.& Fax (021) 3448510
e-mail : publikasi@kemenpppa.go.id 
www.kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Buku, Senin, 17 Februari 2020

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak 2018 (17)

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak 2018
Buku, Senin, 17 Februari 2020

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak 2017 (8)

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak 2017
Buku, Senin, 17 Februari 2020

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak 2017 (6)

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak Kabupaten/Kota 2017
Siaran Pers, Minggu, 16 Februari 2020

Kemen PPPA Terjunkan Tim Dampingi Anak Korban Perundungan di Malang (100)

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menerjunkan tim untuk menindaklanjuti kasus perundungan yang menimpa pelajar SMPN 16 Malang,…
Siaran Pers, Sabtu, 15 Februari 2020

Penurunan Angka Perkawinan Anak, Bukan Hanya Mimpi (119)

Pada masyarakat dengan sosial ekonomi dan tingkat pendidikan rendah, seringkali orang tua mengawinkan anaknya pada usia muda.