Menteri PPPA Apresiasi Penanganan Terpadu Bencana Di 3 Provinsi

  • Dipublikasikan Pada : Kamis, 09 Januari 2020
  • Dibaca : 193 Kali
...

Siaran Pers Nomor: B-005/Set/Rokum/MP 01/01/2020

Jakarta (08/01) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga memberikan apresiasi atas penanganan terpadu yang telah dilakukan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah di 3 provinsi terdampak bencana banjir yakni DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Hal ini disampaikan Menteri Bintang usai meninjau kondisi pengungsi di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (08/01). 

“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Kementerian/lembaga seperti Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan sudah melakukan penanganan bencana dan para korban bencana yang terkoordinasi baik dengan Pemerintah Provinsi  DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat yang telah mendahulukan kelompok rentan anak, perempuan dan lansia. Kerjasama yang terpadu tersebut bisa terlihat mulai dari proses evakuasi para korban terdampak hingga bantuan kesehatan bagi korban,” ujar Menteri Bintang.

Menteri Bintang menambahkan bahwa sebagai Kementerian yang bergerak pada tataran koordinatif, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) berupaya memastikan hak-hak kelompok rentan terpenuhi dan korban mendapatkan penanganan serta bantuan yang spesifik gender.

“Kami (Kemen PPPA) mempunyai tugas dan fungsi untuk melindungi, memperhatikan, dan memastikan pemenuhan kebutuhan kepada perempuan dan anak sehingga melihat proses penanganan terpadu yang terkoordinasi baik ini cukup membanggakan. Harapannya ke depan bagaimana dari BNPB melalui PERKA No 14 Tahun 2015 tentang Pengarusutamaan Gender di Bidang Penanggulangan Bencana ini tetap menjadi prioritas, dan walaupun sudah dilaksanakan, kami akan tetap kawal untuk mendorong hal itu tetap dilakukan agar kelompok rentan anak dan perempuan tetap merasa aman berada di situasi bencana,” tegas Menteri Bintang.

Terkait kunjungan Menteri Bintang di Kampung Pulo Jakarta, Menteri Bintang menegaskan bahwa kunjungan tersebut merupakan arahan presiden serta tindak lanjut atas hasil keputusan rapat koordinasi (Rakor) yang membahas tentang evaluasi tanggap darurat bencana banjir sehari sebelumnya di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (7/1/2020). Rakor ini dihadiri antara lain Menteri LHK, Mendikbud, Mentan, Kepala BMKG, Gubernur DKI Jakarta Wagub Banten, Wamen BUMN, Wamen PUPR, Sekjen Kemkes, Kepala Basarnas, Wamen Kementerian Desa, Kepala BMKG, Kemsos, dan Kemdagri. Menteri Bintang dalam waktu dekat juga akan meninjau daerah terdampak banjir di Lebak, Provinsi Banten.

PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN  PEREMPUAN
                                                                                                 DAN PERLINDUNGAN ANAK
                                                                                                         Telp.& Fax (021) 3448510,
                                                                                        e-mail : publikasikpppa@gmail.com
www.kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Senin, 20 Januari 2020

Kemen PPPA Berduka Atas Kasus Bunuh Diri Pelajar SMPN 147 Jakarta (119)

Menteri Pemberdayaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA), Bintang Puspayoga turut berduka atas meninggalnya SN, pelajar SMP Negeri 147…
Siaran Pers, Jumat, 17 Januari 2020

Menteri Bintang Ajak Forum Anak Jadi Mitra Pemerintah dalam Pembangunan (62)

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga melakukan pertemuan dengan 13 perwakilan dari pengurus Forum Anak Nasional (FAN),…
Profile Perempuan Indonesia, Sabtu, 18 Januari 2020

Profile Perempuan Indonesia 2019 (71)

Profile Perempuan Indonesia 2019
Profile Perempuan Indonesia, Sabtu, 11 Januari 2020

Profile Perempuan Indonesia 2018 (20)

Profile Perempuan Indonesia 2018
Siaran Pers, Kamis, 16 Januari 2020

Peran Anak sebagai Agen Perubahan Pencegahan TPPO (102)

Denpasar (16/1) – Bagi masyarakat awam istilah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), yang terlintas dalam pemahaman masyarakat TPPO identik dengan…