Tingkatkan Pelayanan, Kemen PPPA Launching JDIH Mobile

  • Dipublikasikan Pada : Selasa, 15 Desember 2020
  • Dibaca : 232 Kali
...

Siaran Pers Nomor: B-348/Set/Rokum/MP 01/12/2020


Jakarta (15/12) – Pencarian produk hukum dan informasi terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kini semakin mudah.  Sebab, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) telah meluncurkan Aplikasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Berbasis Mobile.

“Adanya aplikasi JDIH berbasis mobile akan memudahkan para pengguna dalam mencari produk hukum yang diterbitkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Ini juga langkah strategis untuk mendorong terwujudnya budaya, sistem dan implementasi keterbukaan informasi hukum untuk perempuan dan anak yang lebih baik dan komprehensif,” ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga dalam Launching JDIH Berbasis Mobile melalui daring, Senin (14/12).

Kemudahan akses terhadap produk hukum tidak lepas dari penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik, bersih dan bertanggungjawab. Oleh karena itu, Kemen PPPA berupaya memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat atas dokumen dan informasi hukum yang transparan, akuntabel dan efektif. Terutama bagi pemangku kepentingan dalam memahami dan mengimplementasikan kebijakan-kebijakan bagi upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Isu pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak adalah isu yang kompleks, multisektoral dan terus berkembang, sehingga dalam penanganannya dibutuhkan kecepatan dan efektifitas. Apalagi saat ini di tengah pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak kita, dukungan fasilitas dan layanan berbasis teknologi informasi (TI) memadai harus dapat diwujudkan,” tambah Menteri Bintang.

Menteri Bintang berharap, pengembangan website dan inovasi JDIH mobile dapat menjadi praktik terbaik (best practice) pemberian layanan hukum dan menginspirasi para pemangku kepentingan serta menjadi salah satu JDIH terbaik dalam memberikan layanan bagi masyarakat.

Sebelumnya, Kemen PPPA telah memiliki website JDIH di www.jdih.kemenpppa.go.id. Aplikasi JDIH Mobile Kemen PPPA dapat diunduh melalui App Store dan IOS. JDIH Kemen PPPA dilengkapi dengan fitur pencarian, program legislasi (proleg), berita hukum, analisis hukum, statistik produk hukum, dan video  komunikasi, informasi serta live chat yang memudahkan interaksi dan tanya jawab oleh pengguna.

PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN  PEREMPUAN
                                                                                                 DAN PERLINDUNGAN ANAK
                                                                                                         Telp.& Fax (021) 3448510,
                                                                                        e-mail : publikasi@kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Sabtu, 17 April 2021

Masyarakat dan Anak Bergerak Bersama Lindungi Anak Korban Terorisme ( 14 )

Sesuai Konvensi Hak Anak, setiap anak di Indonesia memiliki hak untuk bertumbuh dengan baik, didengarkan pendapat mereka dan memiliki hak…

Siaran Pers, Jumat, 16 April 2021

Wujudkan Nusa Tenggara Barat Lebih Ramah Perempuan dan Anak ( 18 )

Sudah banyak praktik baik yang dilakukan oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Siaran Pers, Jumat, 16 April 2021

Resmikan Radio Sekolah Perempuan, Menteri Bintang Dorong Pemberdayaan Perempuan di Lombok Utara ( 35 )

Desa Sukadana adalah salah satu desa di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang pada tahun…

Siaran Pers, Kamis, 15 April 2021

Poligami Tak Sesuai Syariat Berpotensi Rugikan Perempuan  ( 73 )

Jakarta (15/04) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga mengatakan sebuah perkawinan bukan hanya mengenai kepentingan individu atau…

Siaran Pers, Kamis, 15 April 2021

Cegah Kekerasan dalam Pengasuhan, Kemen PPPA Sosialisasi E-Learning Pengasuhan Positif ( 85 )

Jakarta (14/04) –  Mendidik anak adalah proses pembelajaran bagi para orangtua dengan harapan tumbuh kembang anak mereka terjaga dengan baik…