HAN 2021, Menteri Bintang Serahkan Bantuan 1,2 Ton Ikan Sehat Untuk Anak-Anak

  • Dipublikasikan Pada : Kamis, 22 Juli 2021
  • Dibaca : 316 Kali
...

 

 

Siaran Pers Nomor: B-245/SETMEN/HM.02.04/07/2021

 

Jakarta (22/07) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) bekerja sama dengan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) hari ini menyerahkan 1,2 ton bantuan paket ikan sehat bermutu dan kebutuhan spesifik Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK) pada masa pandemi Covid-19 dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN) 2021. 

 

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga menyampaikan apresiasi kepada Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan KKP yang telah bekerjasama dengan Kemen PPPA dalam mewujudkan kegiatan ini.  

 

“Salah satu upaya yang kita lakukan untuk melindungi anak-anak kita adalah memastikan pasokan gizilengkap tersedia bagi anak untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Terutama di masa pandemi saat ini anak harus memiliki daya tahan tubuh yang baik dengan pemenuhan gizi seimbang. Kami sampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh KKP yang turut berempati, berperan, dan mendukung pemenuhan gizi anak,” ujar Menteri Bintang. 

 

Menteri Bintang menuturkan sinergi yang dilakukan dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional 2021 ini berhasil mendistribusikan bantuan paket ikan sehat bermutu kepada kelompok Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK) yang ada di 4 (empat) wilayah, diantaranya Sekolah Darurat Ibu Kartini, Yayasan Dinamika Indonesia Bantar Gebang, Perkampungan Pemulung Limo Cinere, dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Tangerang. 

 

“Selain penyerahan bantuan paket ikan sehat bermutu dari KKP, kami juga menyerahkan 100 paket bantuan spesifik untuk melengkapi bantuan yang sudah kami berikan kepada anak-anak di wilayah Bantar Gebang pada 3 Juli 2021 dan bantuan spesifik untuk LPKA Kelas I Tangerang yang telah kami berikan pada 15 Juli 2021,” tutur Menteri Bintang. 

 

“Adanya andil KKP dalam rangkaian Peringatan Hari Anak Nasional 2021 ini sekaligus menjadi bukti nyata bahwa pemenuhan hak dan perlindungan anak memang merupakan tugas kita bersama, tanpa memandang siapa dan apa. Saya yakin dengan bekerjasama, harapannya upaya kita dalam menghasilkan bangsa yang kuat di masa depan akan menjadi lebih mudah diwujudkan. Saya juga berharap para pendamping anak bisa menjadi perpanjangan tangan bagi Pemerintah untuk bisa mengidentifikasi dan mengakomodir anak-anak kita yang rentan tidak mendapatkan akses kesehatan. Semoga bantuan-bantuan yang telah disalurkan kepada para pendamping anak, benar-benar sampai kepada anak-anak kita, demi memenuhi kebutuhan dan meringankan beban mereka,” ujar Menteri Bintang. 

 

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono mengatakan penyerahan bantuan paket ikan sehat bermutu dan bantuan kebutuhan spesifik yang dilaksanakan pada hari ini sesungguhnya juga merupakan bukti nyata betapa pemenuhan hak dan perlindungan terhadap anak hanya dapat terwujud jika kita semua mampu bekerjasama dan saling membantu untuk melakukannya. 

 

“Ini menjadi bentuk dukungan kami dalam memberikan pemenuhan gizi anak dengan mengonsumsi ikan. Kita semua ketahui bahwa ikan mengandung unsur omega 3 yang dapat meningkatkan kecerasan pada anak. Kami berharap melalui Kemen PPPA dapat terus menyosialisasikan gerakan konsumsi ikan pada anak. Hal ini tentu menjadi kerja kita bersama dimana kami bertugas menjaga laut dan produktivitas perikanan dan tentu kami akan terus mendukung Kemen PPPA dalam rangka peningkatan konsumsi ikan bagi anak-anak Indonesia. Mereka adalah masa depan dan calon pemimpin negeri ini di masa depan kita harus jaga dan lindungi serta memberikan pemenuhan gizi seimbang bagi mereka,” ujar Menteri KKP.  

 

Lebih lanjut, Perwakilan Guru Sekolah Darurat Kartini, Adjat Wiratma menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini, terutama Kemen PPPA dan KKP. 

 

“Ucapan terima kasih kami sampaikan atas bantuan yang diberikan dan dukungan kepada anak-anak kami di sini. Kebahagiaan bagi kami atas bentuk perhatian yang diberikan, terlebih di masa pandemi memang terasa sulit apalagi untuk anak-anak. Tentunya dengan adanya bantuan ini menjadi semangat baru bagi kami dan anak-anak, khususnya dalam pemenuhan gizi anak. Mari bersama kita penuhi hak-hak seluruh anak Indonesia dengan bersinergi bersama,” ujar Adjat. 

 

 

 

BIRO HUKUM DAN HUMAS

KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN 

DAN PERLINDUNGAN ANAK

Telp.& Fax (021) 3448510

e-mail : humas@kemenpppa.go.id

website : www.kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Selasa, 28 September 2021

Penuhi Hak Informasi yang Layak Bagi Anak, Kemen PPPA Dorong Pemda Bentuk Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) ( 28 )

Ketersediaan informasi yang layak bagi anak menjadi sebuah kebutuhan di tengah era keterbukaan informasi saat ini. Di samping kemampuan literasi…

Siaran Pers, Jumat, 24 September 2021

Tingkatkan Informasi Layak Anak, Kemen PPPA Selenggarakan Standarisasi PISA di Daerah   ( 25 )

Jakarta (24/9) – Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil, Informasi, dan Partisipasi Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Endah…

Siaran Pers, Senin, 27 September 2021

Upaya Kemen PPPA Wujudkan Informasi Layak Anak ( 120 )

Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil, Informasi, dan Partisipasi Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Endah Sri Rejeki…

Siaran Pers, Sabtu, 25 September 2021

Perempuan Berdaya, Tingkatkan Perekonomian Bangsa ( 199 )

Jakarta (25/9) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menegaskan  pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan sangat strategis guna…

Siaran Pers, Jumat, 24 September 2021

Menteri Bintang : Bangun Perempuan dan Anak dari Desa dengan DRPPA  ( 176 )

Jakarta (24/9) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga mengatakan pelibatan perempuan dan anak secara utuh sebagai aktor dapat mendukung pembangunan Desa Ramah Perempuan dan…