Menteri Bintang: Dukung Pemulihan Indonesia Melalui Vaksinasi Perempuan dan Anak 

  • Dipublikasikan Pada : Senin, 25 Oktober 2021
  • Dibaca : 79 Kali
...

 

 

Siaran Pers Nomor: B-397/SETMEN/HM.02.04/10/2021

 

Kab. Karangasem, Bali (25/10) – Dalam kunjungannya ke Kab. Karangasaem, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga juga mengunjungi dan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk perempuan dan anak di Desa Bunutan, Kab. Karangasem, Provinsi Bali. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kab. Karangasem hari ini terselenggara berkat kerjasama Kemen PPPA dengan PT Gajah Tunggal melalui Yayasan Upaya Indonesia Damai. 

 

"Hari ini, saya meninjau vaksinasi bagi ibu hamil dan anak 12 tahun ke atas yang diselenggarakan oleh Yayasan Upaya Indonesia Damai, yang didukung penuh oleh Gajah Tunggal Group. Mudah-mudahan kegiatan sentra vaksinasi ini bisa segera mengantarkan anak-anak untuk pembelajaran tatap muka tanpa kendala. Sekali lagi, apresiasi yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada Yayasan Upaya Indonesia Damai. Semoga, kegiatan vaksinasi ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa, khususnya bagi kelompok rentan perempuan dan anak," tutur Menteri Bintang. 

 

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Bintang juga menyampaikan apresisasi kepada UNICEF Indonesia selaku mitra Kemen PPPA dalam pelaksanaan pemberian bantuan spesifik perempuan dan anak berupa paket Recreational Kit yang terdiri dari berbagai permainan edukatif ramah anak.

 

Dalam kesempatan ini, saya meminta kepada pemerintah daerah untuk memberikan perhatian lebih dalam hal pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di daerah masing-masing. Kami hadir disini adalah berkat dukungan dari para mitra kami, terima kasih atas dukungan dari dunia usaha mudah-mudahan kerjasama ini dapat terjalin dengan baik ke depannya untuk pemenuhan hak perempuan dan anak Indonesia,” ungkap Menteri Bintang. 

 

Menteri Bintang menuturkan dalam masa-masa sulit ini, perempuan dan anak membutuhkan perhatian kita lebih dari sebelumnya. Untuk itu, marilah kita bekerja keras, bekerja bersama, untuk menciptakan dunia yang aman, nyaman dan mendukung bagi mereka, betapa sulit pun situasinya. 

 

"Dengan kompleksitas masalah dan populasi perempuan dan anak yang sangat besar, tentunya perjuangan ini tidak dapat dilakukan sendiri oleh pemerintah. Untuk itu, dukungan dan sinergi dari pemerintah daerah, dunia usaha, media, dan masyarakat sangatlah esensial. Mari kita bersama satukan narasi yang benar akan manfaat vaksinasi ini. Bersama-sama, kita lawan informasi hoax yang beredar mengenai vaksinasi di luar sana. Dengan mendukung upaya pemerintah untuk menjalankan vaksinasi, kita telah melangkah menuju masa depan Indonesia yang sehat dan cerah,” ujar Menteri Bintang. 

 

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa menjelaskan bahwa Pemerintah Kab. Karangasem dalam hal ini mempunyai komitmen dalam hal pembangunan SDM terutama perempuan dan anak. 

 

Pembangunan di bidang kesehatan merupakan salah satu fokus pemerintah Karangasem saat ini terutama bagi perempuan dan anak. Kami telah memberikan inovasi berupa antar jemput pasien yang sudah berjalan lebih kurang 6 bulan. Banyak masyarakat yang memberikan keluhan sulitnya akses pelayanan kesehatan khususnya transportasi (biaya, medan yang sulit, dan tidak adanya keluarga) menjadi dasar penyediaan layanan ini. Tidak lain, tujuan kami ialah bukti bahwa Pemerintah hadir untuk membantu masyarakat sehingga pembangunan kesehatan perempuan dan anak yang optimal dapat terwujud. Sementara itu, untuk Kab. Karangasem sendiri, persentase masyarakat yang telah melakukan vaksinasi sebesar 72,33 pesen dari total 512.000 penduduk dengan jumlah vaksinasi ibu hamil sebesar 42,22 persen. Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam terselenggaranya vaksinasi bagi anak, perempuan, dan ibu hamil di Desa Bunutan ini. Mari bersama kita dukung pelayanan vaksinasi khususnya pada perempuan dan anak hingga ke pelosok perdesaan,” terang I Wayan. 

 

Sementara itu, Wakil Presiden Yayasan Upaya Indonesia Damai (UID), Ferry Siswojo Djongianto menyampaikan ungkapan terima kasih atas kehadiran Menteri Bintang untuk meninjau sentra vaksinasi anak, perempuan, dan ibu hamil yang diselenggarakan oleh Gajah Tunggal. 

 

Terima kasih kami sampaikan atas kehadiran Ibu dan rombongan. Pelaksanaan vaksinasi ini menjadi upaya kita mendukung langkah pemerintah dalam percepataan vaksinasi dan pemulihan Indonesia melalui vaksinasi terhadap anak, perempuan, dan ibu hamil khususnya. Tentunya, kami sangat senang bisa menjadi bagian pemenuhan hak perempuan dan anak untuk pelaksanaan vaksinasi,” terang Ferry. 

 

Pelaksanaan sentra vaksinasi merupakan bagian dari program yang telah dimulai UID sejak awal September ke berbagai kota di Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah mulai dari perangkat desa sampai kecamatan, serta instansi TNI dan Polri setempat. Program ini merupakan wujud dukungan terhadap upaya Pemerintah mengakselarasi vaksinasi 2,3 juta warga per hari demi percepatan pemulihan Indonesia dari pandemi Covid-19. 

.  

 

 

 

BIRO HUKUM DAN HUMAS

KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN 

DAN PERLINDUNGAN ANAK

Telp.& Fax (021) 3448510

e-mail : humas@kemenpppa.go.id

website : www.kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Kamis, 09 Desember 2021

Menteri Bintang: Perempuan Ujung Tombak Pencegahan Gratifikasi Mulai dari Keluarga ( 7 )

Jakarta (8/12) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga menuturkan kedudukan dan masa depan keluarga, tentunya tidak terlepas…

Siaran Pers, Kamis, 09 Desember 2021

Menteri Bintang: Pemberdayaan Ekonomi Hulu Penyelesaian Permasalahan Perempuan dan Anak ( 23 )

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengatakan, Arahan Presiden yang menjadi isu prioritas Kemen PPPA terkait pemberdayaan…

Siaran Pers, Kamis, 09 Desember 2021

Kemen PPPA Dukung Pemberdayaan Perempuan Pekerja di Era Otomatisasi dengan Keahlian di Bidang Teknologi ( 14 )

Jakarta (9/12) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) mendukung  upaya pemberdayaan perempuan dalam partisipasi di dunia kerja…

Siaran Pers, Rabu, 08 Desember 2021

Menteri Bintang Dorong Pelibatan Aktif Perempuan dalam Organisasi DWP ( 61 )

Jakarta (8/12) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga menuturkan tugas seorang perempuan bukan semata-mata menjadi pendamping bagi…

Siaran Pers, Selasa, 07 Desember 2021

16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, Kemen PPPA Dukung Sinergi Multipihak Wujudkan Ruang Aman Bagi Perempuan ( 91 )

Jakarta (7/12) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) memperingati 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dengan melibatkan…