Menteri Bintang Dorong Pelibatan Aktif Perempuan dalam Organisasi DWP

  • Dipublikasikan Pada : Rabu, 08 Desember 2021
  • Dibaca : 114 Kali
...

 

 

Siaran Pers Nomor: B-479/SETMEN/HM.02.04/12/2021

 

Jakarta (8/12) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga menuturkan tugas seorang perempuan bukan semata-mata menjadi pendamping bagi pasangannya, perempuan juga tetap dapat berkumpul, berorganisasi, berkarya dan turut memberikan gagasan pikirannya untuk memberi manfaat di sekitarnya. Menteri Bintang mengatakan salah satu organisasi perempuan yang dapat menjadi wadah perempuan untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan adalah Dharma Wanita Persatuan (DWP).

 

“Dharma Wanita Persatuan (DWP) dibentuk sebagai wadah bagi para istri Aparatur Sipil Negara dan ASN perempuan untuk dapat berorganisasi yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya anggota keluarga ASN untuk mencapai kesejahteraan nasional. Dharma Wanita Persatuan juga turut membuktikan kiprah perempuan dalam berkontribusi dan bersinergi dalam pembangunan bangsa,” ujar Menteri Bintang dalam Acara HUT Ke-22 Dharma Wanita Persatuan dengan tema "Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia melalui Kesehatan Mental dan Pemulihan Bisnis UMKM".

 

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Bintang turut mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-22 Dharma Wanita Persatuan. “Di usia yang semakin matang, saya yakin sinergi dan kolaborasi yang terjalin baik antar sesama anggota DWP maupun pihak-pihak eksternal dapat semakin kuat sehingga berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya anggota keluarga ASN untuk mencapai kesejahteraan nasional yang dimulai dari diri sendiri. Mari kita bangun kekuatan dan ketangguhan perempuan Indonesia, dengan saling mendukung, saling memotivasi, dan saling menginspirasi, demi mewujudkan Perempuan Berdaya, Anak Terlindungi, Indonesia Maju,” ujar Menteri Bintang.

 

Sementara itu dalam sambutannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengajak seluruh ibu-ibu khususnya yang tergabung dalam DWP untuk menjadikan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia dan menjadi peluang pemulihan ekonomi nasional.

 

“Kita semua tahu bahwa UMKM memberikan kontribusi yang sangat besar dalam hal menggerakkan perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, perlu ada upaya maksimal dan sinergi dari seluruh pihak terkait untuk mendukung jalannya UMKM di Indonesia. Salah satunya dengan mendorong gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan mendukung gerakan Beli Produk Kreatif Lokal. Ke depannya, untuk mendukung sinergi antara DWP dan Kemenparekraf saya titipkan semangat 3G yakni Gerak cepat, Gerak bersama, dan Gaspol atau Garap semua potensi untuk bangkitkan ekonomi nasional. Kami berharap kerjasama ini dapat mempercepat pemulihan dan kebangkitan ekonomi Indonesia, sekaligus saya mengajak semua ibu-ibu untuk bangga buatan Indonesia dan berwisata di Indonesia saja,” ujar Sandiaga Uno.

 

Sebagai perwakilan dari DWP, Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan, Erni Tjahjo Kumolo mengungkapkan HUT ke-22 DWP tahun 2021 mengusung tema “Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia melalui Kesehatan Mental dan  Pemulihan Bisnis UMKM”.

 

“Tema ini sengaja diangkat untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi perempuan dan memastikan program-program kerja DWP saat ini dan ke depan senatiasa berorientasi untuk mewujudkan kesejahteraan anggota keluarga dan masyarakat melalui pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya. Serangkaian kegiatan telah diselenggarakan dalam rangka Peringatan HUT Ke-22 DWP yang bertujuan pertama meningkatkan ekonomi pelaku usaha UMKM khususnya anggota DWP dalam mempertahankan usaha mereka di tengah pandemi dan kedua untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam usaha menjaga kesehatan mental di masa pandemi,” ujar Erni.

 

Erni menambahkan, slogan yang diusung oleh DWP tahun ini adalah “Bersama Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia: Mental Sehat, Bisnis UMKM Pulih!”. Slogan ini menjadi penyemangat dan pengingat bagi kita semua, sebagai perempuan berdaya saing global.

 

“Selain itu, perlu kita ingat DWP merupakan salah satu organisasi perempuan yang cukup besar yang hingga saat ini, sudah terdapat lebih dari 4 juta anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan keanggotaan yang demikian besar maka sangat tepat DWP memposisikan diri sebagai mitra strategis pemerintah. Ke depannya kami berharap juga dapat menjadi role model dan simpul pemersatu bangsa khususnya dalam hal pemberdayaan perempuan dan UMKM perempuan,” tambah Erni.

 

BIRO HUKUM DAN HUMAS

KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN 

DAN PERLINDUNGAN ANAK

Telp.& Fax (021) 3448510

e-mail : humas@kemenpppa.go.id

website : www.kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Pengumuman, Senin, 17 Januari 2022

Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Tenaga Layanan PPA 2022 ( 3567 )

Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Tenaga Layanan PPA 2022

Pengumuman, Senin, 17 Januari 2022

Pengumuman Nomor 4 Tahun 2022 Hasil Akhir Pasca Sanggah pada Seleksi CPNS di Kemen PPPA TA 2021 ( 782 )

Pengumuman No 4 tahun 2022 Hasil Akhir Pasca Sanggah pada Seleksi CPNS di Kemen PPPA TA 2021

Siaran Pers, Jumat, 14 Januari 2022

Menteri PPPA Apresiasi Kapolri Beri Kesempatan Polwan Menjadi Irjen ( 201 )

Jakarta (13/01) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengapresiasi perhatian Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terhadap

Siaran Pers, Kamis, 13 Januari 2022

Menteri Bintang: Sekolah Ramah Anak Wujudkan Masa Depan Anak ( 211 )

Jakarta (13/01) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Bintang Puspayoga menuturkan bangsa yang besar adalah bangsa…

Siaran Pers, Kamis, 13 Januari 2022

Menteri PPPA Hormati Tuntutan Jaksa dalam Kasus Kekerasan Seksual di Ponpes Bandung ( 243 )

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menghormati tuntutan Jaksa Penuntut Umum terhadap pelaku kasus kekerasan seksual di…