Press Release: Katumbiri EXPO Ilhami Kesetaraan

  • Dipublikasikan Pada : Jumat, 19 Februari 2016
  • Dibaca : 3364 Kali

PRESS RELEASE

 

Katumbiri Expo Ilhami Kesetaraan

Siaran Pers Nomor:  156 /Humas KPP-PA/12/2015

 

Optimalisasi perempuan menuju kesetaraan diwujudkan dengan membuka peluang perempuan berkiprah dalam bidang ekonomi, salah satunya dengan menggelar Pameran Katumbiri Expo 2015 sebagai rangkaian kegiatan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-87 yang terselenggara atas kerjasama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia dan PT Misty Connexion di  Jakarta Convention Center, Senayan (9/12).

Ketahanan ekonomi perempuan tidak diragukan lagi. Hal ini terbukti Saat krisis melanda Indonesia pada 1997 lalu, industri kecil yang sebagian besar penggeraknya adalah perempuan , mampu bertahan dan ikut memulihkan ekonomi bangsa didalam terpaan ketidakstabilan ekonomi di Indonesia. “Perempuan produktif selalu berkontribusi bagi keluarga. Mereka juga ikut meningkatkan pendapatan perkapita serta meningkatkan daya beli masyarakat," kata Istri Wakil Presiden RI, Mufidah Jusuf Kalla saat membuka Katumbiri Expo 2015 yang berlangsung sejak tanggal 9-13 Desember 2015.

Sebagian besar usaha perempuan berkaitan dengan wilayah domestik dan dekat dengan lingkungan rumah tangga seperti jasa, industri kerajinan dan rumah tangga, serta sektor informal lainnya.

"Kesetaraan dapat menciptakan lingkungan kondusif dan kita diharapkan memberikan support kepada para pengrajin dengan cara membeli karya pengrajin," kata Ketua Panitia Katumbiri Expo 2015, Linda Amalia Sari Gumelar.  Linda menambahkan bahwa ada yang berbeda pada Katumbiri Expo kali ini,  yakni dengan menggandeng Yayasan Kanker Payudara Jakarta, mengajak perempuan tidak hanya berkontribusi terhadap perekonomian, namun membangun kepedulian terhadap kesehatan perempuan khususnya pada masalah kanker payudara yang saat ini merupakan pembunuh perempuan pertama di Indonesia. "Katumbiri Expo dirancang untuk menampilkan kesetaraan perempuan dan laki-laki di bidang Industri Kecil dan Menengah (IKM) agar menjadi barometer atau tolak ukur kemajuan Industri Kreatif Indonesia," lanjut Linda Amalia Sari Gumelar.

Katumbiri sendiri adalah kosakata yang memiliki arti "pelangi" yang melambangkan keanekaragaman serta keindahan produk budaya Indonesia yang diolah dengan kearifan lokal, gagasan kreatif dan kandungan teknologi. Berbagai produk unggulan Nusantara mengisi stand pameran yang berjumlah 250 stand. Pameran yang berlangsung selama 5 (lima) hari dari jam 10.00-21.00 WIB tidak dipungut biaya masuk bagi pengunjung. "Sekali lagi saya mengajak semua masyarakat untuk tidak hanya datang ke Katumbiri Expo, namun juga membeli produk hasil kerajinan agar geliat perekonomin para pengrajin meningkat," seru Linda Agum Gumelar didepan para undangan.

Untuk memeriahkan pameran ini, Panitia Peringatan Hari Ibu ke 87 juga melangsungkan 3 (tiga) Seminar Besar yakni Seminar Pencapaian SDGs mengangkat tema "Strategi Gerakan Perempuan dalam Mencapai Target Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)" dan Seminar Perlindungan Perempuan dan Anak dengan tema "Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki dalam menciptakan Lingkungan yang Kondusif untuk Perlindungan Perempuan dan Anak" di tanggal 9 Desember 2015. Dan Seminar Kebangsaan dengan tema "Perkuat Semangat Bela Negara guna Menghadapi Ancaman Multidimensi" pada tanggal 10 Desember 2015.

 

HUMAS KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

Telp.& Fax (021) 3456239,

e-mail : humas.kpppa@gmail.com

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Sabtu, 21 September 2019

PPT KTPA Bentuk Negara Hadir Lindungi Perempuan dan Anak (50)

Pusat Pelayanan Terpadu Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak (PPT KTPA) RSUD Beriman Balikpapan yang berdiri sejak Februari 2019 memberikan penanganan…
Siaran Pers, Sabtu, 21 September 2019

Teman Sebaya Dukung Sekolah Ramah Anak (65)

Teman Sebaya berperan besar dalam mendorong terwujudnya Sekolah Ramah Anak (SRA).
Siaran Pers, Sabtu, 21 September 2019

Ayo ke PUSPAGA, Demi Keluarga Berkualitas! (45)

Menjadi orang tua di zaman sekarang memiliki tantangan yang lebih berat daripada menjadi orang tua di zaman dahulu.
Siaran Pers, Jumat, 20 September 2019

Komitmen Pimpinan Pusat Dan Daerah Pacu Pembangunan Pppa (67)

Kepulauan Seribu (19/09) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) melakukan Rapat Evaluasi Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan…
Siaran Pers, Jumat, 20 September 2019

Kab.Sleman Berlari Menuju KLA (87)

"Kabupaten Sleman hingga sekarang terus berlari menuju Kabupaten Layak Anak (KLA)"