Press Release : Indonesia Berkiprah Pada Sidang Tahunan Komisi Status Perempuan Di PBB

  • Dipublikasikan Pada : Rabu, 16 Maret 2016
  • Dibaca : 1242 Kali
...


 

KEMENTERIAN

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

 

PRESS RELEASE

 

INDONESIA BERKIPRAH PADA SIDANG TAHUNAN KOMISI STATUS PEREMPUAN DI PBB

Siaran Pers Nomor: 25 /Humas KPP-PA/3/2016

New York (16/3) – Indonesia kembali berkiprah pada sidang tahunan Komisi Status Perempuan (Commission on the Status of Women/CSW) ke-60 yang berlangsung di Markas Besar PBB New York, 14 - 24 Maret 2016. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise telah berbagi pengalaman dan capaian Indonesia terkait pemberdayaan perempuan di berbagai sektor yang telah diapresiasi masyarakat internasional.

Menurut Menteri Yohana, di bidang pengentasan kemiskinan, integrasi isu perempuan dan perspektif gender tertuang dalam UU no 6/2014 tentang Desa bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk di dalamnya adalah laki-laki dan perempuan dalam memperoleh akses dan manfaat dalam pembangunan pedesaan. Di bidang pendidikan, wajib belajar 12 tahun selain mendorong akses anak perempuan dalam pendidikan, juga dapat berkontribusi bagi penurunan angka pernikahan dini. “Kerjasama dengan organisasi masyarakat dan institusi HAM nasional sangat penting bagi terlaksananya kebijakan pemerintah dalam mengatasi kekerasan terhadap perempuan dan memberikan perlindungan terhadap korban,” tambah Menteri Yohana dalam sidang tahunan CSW ke-60 di New York.


 

Indonesia juga menyerukan kepada masyarakat internasional untuk segera merealisasikan solidaritas perempuan ke dalam aksi nyata, termasuk bagi perempuan yang berada dalam situasi kemanusiaan dan konflik seperti perempuan Palestina. Oleh karena itu, Menteri Yohana menegaskan perlunya kerja sama dan kemitraan masyarakat internasional, baik pemerintah maupun aktor lainnya seperti LSM, akademisi, sektor swasta.

Wakil Tetap RI untuk PBB di New York, Duta Besar Dian Triansyah Djani menyebutkan bahwa penyampaian dukungan kepada perempuan Palestina adalah salah satu wujud konsistensi Indonesia untuk terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina, sejalan dengan hasil penyelenggaraan KTT OKI di Jakarta baru-baru ini, dan kunjungan Menlu Retno Marsudi ke Yordania pekan lalu untuk mengangkat Konsul Kehormatan RI di Ramallah.


 

Menteri Yohana juga memanfaatkan kegiatan CSW untuk melakukan pertemuan bilateral dengan menteri dari berbagai negara, antara lain Afghanistan, Zimbabwe, dan Inggris, guna membahas tindak lanjut dan potensi kerjasama bilateral di bidang pemberdayaan perempuan. Indonesia juga menyelenggarakan dua panel diskusi, masing-masing bertemakan “Pelibatan Masyarakat dalam Mengakhiri Kekerasan Terhadap Perempuan” dan “Peran Perermpuan dalam Usaha Kecil dan Menengah”.

CSW merupakan forum utama antar pemerintah di PBB bagi upaya pencapaian kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. CSW ke-60 yang bertemakan pemberdayaan perempuan dan kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan dihadiri delegasi Indonesia antara lain Wakil Ketua DPD, GKR Hemas dan anggota DPD, perwakilan daerah, Komnas Perempuan, Komisi Perlindungan Anak Indonesia dan masyarakat madani.

 

 

 

 

       HUMAS KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

DAN PERLINDUNGAN ANAK

Telp.& Fax (021) 3448510,

 e-mail : humas.kpppa@gmail.com

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Senin, 24 Juni 2019

Perkuat Peran Tokoh Adat dan Tokoh Agama Lindungi Perempuan dan Anak di Tanah Papua (13)

Perempuan dan anak seharusnya ikut terlibat aktif dalam berbagai sektor pembangunan, namun banyak di antara mereka yang masih mengalami berbagai…
Dokumen Kinerja, Jumat, 21 Juni 2019

LAKIP Inspektorat 2018 (19)

Laporan Akuntabiltas Kinerja Inspektorat Tahun 2018
Buku, Jumat, 21 Juni 2019

Laporan Akunntabiltas Kinerja Inspektorat Tahun 2018 (16)

Laporan Akuntabiltas Kinerja Inspektorat Tahun 2018
Program Kerja Pengawasan , Jumat, 21 Juni 2019

Laporan Akuntabiltas Kinerja Inspektorat Tahun 2018 (15)

Laporan Akuntabiltas Kinerja Inspektorat Tahun 2018
Siaran Pers, Kamis, 20 Juni 2019

Ramah Anak, Tanggung Jawab Media dalam Produk Jurnalistik (116)

Jakarta (19/06) – Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh dalam Sosialisasi Pemberitaan Media Ramah Anak di Jakarta (19/06)