Press Release : Menteri PP Dan PA : Polwan Mewarisi Semangat RA Kartini

  • Dipublikasikan Pada : Rabu, 20 April 2016
  • Dibaca : 2319 Kali
...


 

KEMENTERIAN

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

 

PRESS RELEASE

 

MENTERI PP DAN PA : Polwan Mewarisi Semangat RA Kartini

 

Siaran Pers Nomor: 32 /Humas KPP-PA/4/2016

 

Jakarta (20/4) – Peringatan hari Kartini menjadi momentum tepat untuk merefleksikan potensi dan kekuatan perempuan dalam pembangunan. Perjuangan RA Kartini menjadi inspirasi dan motivasi perempuan di seluruh Indonesia untuk bangkit dalam meningkatkan kualitas perannya dalam berbagai bidang pembangunan, baik di daerah maupun di pusat, termasuk para polisi wanita (polwan) yang memiliki posisi strategis sebagai pelindung dan pelayan masyarakat.

 

“Polwan harus memanfaatkan momentum kebangkitan Kartini dengan menunjukkan kualitas agar bisa tampil sebagai mitra polisi laki-laki. Meskipun secara kuantitas, jumlah polwan lebih kecil dibandingkan polisi laki-laki, namun polwan harus meningkatkan kemampuan secara mandiri dengan mengikuti berbagai pelatihan formal yang ada agar target planet 50 : 50 pada tahun 2030 dapat tercapai,” ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise saat melakukan dialog dengan polisi wanita (Polwan) se-Indonesia di Kantor Kementerian PP dan PA, Jakarta, Rabu (20/4).


 

Menteri Yohana mengakui tugas kepolisian sangat berat dan beresiko tinggi dalam menuntaskan berbagai permasalahan, terutama terkait perempuan dan anak. Menteri Yohana mengapreasi kebijakan Kapolri yang menambah kekuatan personil sebanyak tujuh ribu Polwan yang disebar ke seluruh Polsek di Indonesia guna meminimalisasi tingginya jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. “Saya berharap kekuatan Polri ini tepat sasaran dalam penempatan,” tambah Menteri Yohana.


 

            Lebih jauh Menteri Yohana menjelaskan Kementerian PP dan PA telah meningkatkan fungsi unit-unit lembaga yang ada, yaitu Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA),  Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2TP2A), Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA)   yang akan berjejaring dengan Pemerintah Daerah. “Walaupun secara kuantitas jumlah polwan sangat terbatas, namun saya berharap para polwan dapat terus meningkatkan kualitas karya dan pengabdiannya dengan melindungi (to protect) dan melayani (to reserve) masyarakat khususnya untuk mengatasi permasalahan perempuan dan anak.,” tutup Menteri Yohana.

 

 HUMAS KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

DAN PERLINDUNGAN ANAK

Telp.& Fax (021) 3448510,

 e-mail : humas.kpppa@gmail.com

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Jumat, 20 September 2019

Komitmen Pimpinan Pusat Dan Daerah Pacu Pembangunan Pppa (39)

Kepulauan Seribu (19/09) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) melakukan Rapat Evaluasi Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan…
Siaran Pers, Jumat, 20 September 2019

Kab.Sleman Berlari Menuju KLA (46)

"Kabupaten Sleman hingga sekarang terus berlari menuju Kabupaten Layak Anak (KLA)"
Siaran Pers, Kamis, 19 September 2019

Nextgen Networking, Wadah Jejaring Mahasiswa Peduli Perlindungan Anak (33)

Jakarta (19/09) – Staf Khusus Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Wilayah Barat, Albaet Pikri
Siaran Pers, Kamis, 19 September 2019

Didik dan Lindungi Anak adalah Kepuasan Batin (56)

Anak itu, akan menjadi apa nantinya ya tergantung orang tua mereka"
Siaran Pers, Kamis, 19 September 2019

INDONESIA MILIKI 117 PUSPAGA SEBAGAI UNIT LAYANAN PENCEGAHAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (240)

Sejak diinisiasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) pada tahun 2016, Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) hingga tahun ini…