KPPPA Bekerjasama dengan LIPI Meluncurkan Buku: Penelitian Dan Pengarusutaman Gender Suatu Pengantar.

  • Dipublikasikan Pada : Rabu, 16 November 2016
  • Dibaca : 3945 Kali
...

       KPPPA melalui Deputi Kesetaraan Gender baru saja bekerjasama dengan LIPI dalam peluncuran buku tentang pengarusutamaan gender dalam penelitian pada Hari Rabu 16 November 2016 bertempat di Gedung PDII LIPI Jalan Jend gatot Subroto No. 10 Jakarta selatan. Buku ini memperkenalkan metode untuk melihat bagaimana penelitian-penelitian memberikan perspektif gender.

         Buku ini hadir di publik sebagai upaya mendukung masyarakat adil gender untuk kesejahteraan masyarakat secara umum. Diharapkan dengan ini lembaga  penelitian negeri maupun swasta memasukan gender didalam skema penelitiannya. PUG dalam hal ini bukanlah program/kegiatan melainkan adalah sebuah strategi. Strategi PUG diperlukan untuk memastikan semua lapisan masyarakat, baik laki-laki maupun perempuan bisa terlibat dalam proses pembangunan sehingga diharapkan pembangunan yang dilaksanakan bisa bermanfaat untuk semua.

         Menurut ibu Tri Nuke Pudjiastuti Deputi IPSK LIPI, LIPI dalam hal ini melalui P2KK (Pusat Penelitian dan Kemasyarakatan dan Kebudayaan) memberi perhatian secara khusus terhadap isu-isu PUG dalam penelitiannya. Dalam sambutan dalam acara peluncuran buku tersebut Deputi Bidang Kesetaraan Gender menyampaikan beberapa hal terkait kesetaraan gender, “PUG sangat memiliki peran penting karena merupakan bagian dari program pembangunan Indonesia, dan dengan diluncurkannya buku ini dapat digunakan sebagai pedoman penelitian yang sesuai PUG, dimana sebagai kodratnya manusia terdiri dari 2 jenis gender yaitu laki laki dan perempuan. Hal ini diharapkan dapat memperlihatkan fenomena pembangunan dimana kondisi yang dihadapi laki laki dan perempuan.” Ujar dr Heru P.  Kasidi M. Sc.

 


                    

                Diharapkan dengan acara ini dapat membangun kembali kerjasama antara KPPPA dengan LIPI agar dapat memberikan manfaat untuk pelaksanaan program, khususnya menjadi penyedia informasi dan hasil-hasil penelitian yang bisa mendukung penyusunan kebijakan, program, dan kegiatan. Sesuai dengan 3 isu yang fokus diangkat oleh Deputi Kesetaraan Gender KPPPA yaitu dihapusnya kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan orang, dan meningkatkan akses sumber daya ekonomi pada perempuan.

         Banyak aspek gender di dalam program pembangunan ini yang  rasanya patut untuk dipertimbangkan dalam penelitian. Penelitian yang mengintegrasikan isu kesetaraan gender maka akan memiliki nilai tambah yang lebih besar untuk dimanfaatkan.

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Kamis, 19 September 2019

Nextgen Networking, Wadah Jejaring Mahasiswa Peduli Perlindungan Anak (17)

Jakarta (19/09) – Staf Khusus Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Wilayah Barat, Albaet Pikri
Siaran Pers, Kamis, 19 September 2019

Didik dan Lindungi Anak adalah Kepuasan Batin (45)

Anak itu, akan menjadi apa nantinya ya tergantung orang tua mereka"
Siaran Pers, Kamis, 19 September 2019

INDONESIA MILIKI 117 PUSPAGA SEBAGAI UNIT LAYANAN PENCEGAHAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (216)

Sejak diinisiasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) pada tahun 2016, Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) hingga tahun ini…
Siaran Pers, Rabu, 18 September 2019

Palu Pulih, Perempuan dan Anak Palu Harus Bangkit! (78)

Bencana gempa bumi dengan kekuatan lebih dari 7 SR disusul tsunami dan likuifasi yang mengguncang Palu, Sigi dan Donggala, pada…
Siaran Pers, Rabu, 18 September 2019

Toreh Banyak Prestasi, Kab. Sleman Jadi Salah Satu Tuan Rumah Media Trip KLA 2019 (87)

Kab.Sleman (18/09) “Anak Sleman, Anak Kita Semua”. Slogan tersebut bukanlah sekadar kata – kata bagi Kabupaten Sleman. Prestasi yang ditoreh…