Linda Gumelar selamat dari kanker

  • Dipublikasikan Pada : Selasa, 23 Februari 2016
  • Dibaca : 2938 Kali

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar, mengakui bahwa dirinya adalah mantan penderita kanker payudara yang berhasil selamat karena melakukan deteksi dini.

"Beberapa tahun lalu saya pernah di vonis kanker payudara, dan akhirnya bisa disembuhkan," kata pendiri Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta itu saat melakukan kampanye deteksi dini kanker payudara di Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Sabtu Pagi (15/10)


Linda menjelaskan, sewaktu di vonis menderita kanker payudara, stadiumnya masih sangat rendah sehingga tim dokter bisa segera melakukan langkah penanggulangan.

"Pada waktu itu saya rajin melakukan deteksi dini kanker payudara sehingga saat di vonis menderita penyakit tersebut stadiumnya masih rendah dan tim dokter tidak kesulitan melakukan pengobatan hingga saya berhasil disembuhkan dengan selamat," katanya.

Dia mengatakan, beberapa kasus kanker payudara di Indonesia kerap terdeteksi pada stadium yang sudah lanjut, padahal secara dini penyakit tersebut dapat ditemukan dengan pemeriksaan klinik dan mammografi.

Linda menambahkan, organisasi kesehatan dunia (WHO) kerap mengingatkan bahwa deteksi dini merupakan upaya primer untuk melawan kanker payudara dan meningkatkan harapan hidup.

"Sebenarnya perempuan tidak perlu takut bila didiagnosa kanker payudara oleh dokter," kata Linda.

Selain itu, "Melalui kampanye ini kami ingin mengajak masyarakat untuk mengenali dan melakukan pemeriksaan payudara sendiri atau Sadari.

Keberadaan Yayasan Kesehatan Payudara sendiri tambah Linda merupakan mitra pemerintah untuk menggalakkan kegiatan penyuluhan dan penanggulangan kanker payudara di Jakarta dan sekitarnya. [antaranews.com]

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Senin, 16 September 2019

Raih Kategori Nindya, 3 Kab/Kota ini Jadi Tuan Rumah Media Trip KLA 2019 (30)

Kota Semarang, Kabupaten Sleman, dan Kota Balikpapan terpilih menjadi tuan rumah Media Trip Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2019
Siaran Pers, Minggu, 15 September 2019

Perkuat Kapasitas Auditor Demi Tingkatkan Program Responsif Gender di Sumatera Barat (47)

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyelenggarakan acara Penguatan Kapasitas Auditor Pengawas Daerah dalam Pelaksanaan Perencanaan dan Penganggaran…
Siaran Pers, Minggu, 15 September 2019

Perencanaan Pembangunan Butuh Suara dari Kelompok Anak (49)

Bali (15/9) – Tantangan perlindungan anak dalam pembangunan sangat beragam.
Siaran Pers, Sabtu, 14 September 2019

Forum Anak Bukan Organisasi Eksklusif (95)

Bali (14/9) – Ada satu syarat utama untuk menjadi anggota Forum Anak, yakni masih berusia anak atau di bawah 18…
Siaran Pers, Jumat, 13 September 2019

Perlindungan Setara bagi Anak Penyandang Disabilitas (83)

Disabilitas merupakan bagian dari keberagaman