Linda Gumelar Kembali Kampanye Kanker Payudara

  • Dipublikasikan Pada : Selasa, 23 Februari 2016
  • Dibaca : 1546 Kali

Meneg PP & PA, Linda Amalia Sari Gumelar (tengah) melambaikan tangan seusai membuka acara "Pink Ribbon Fun Walk Breast Cancer" di Area Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (30/10) Pagi.
Teks dan Foto: Anthony Firdaus / Humas KPP & PA


Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Meneg PP & PA) Linda Amalia Sari Gumelar, lagi-lagi mengkampanyekan masalah kanker payudara. Dalam aksi tahunan "Reebok Pink Ribbon Fun Walk 2011" yang diselenggarakan Reebok bersama Sport Stasion di Under Sky Bridge, Mall Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (30/10) Pagi, Linda kembali mengimbau perempuan Indonesia untuk rutin melakukan deteksi dini.

Seperti aksi-aksi sebelumnya yang biasa digelar di sekitar kawasan bundaran Hotel Indonesia, Menteri Linda menekankan pentingnya melakukan deteksi dini dengan metode pemeriksaan payudara sendiri (sadari). Perempuan bisa melakukan pemeriksaan payudara sendiri di rumah, dan apabila merasakan adannya kelainan, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

"Jangan tunggu sampai stadium lanjut. Sadari ini murah dan mudah dilakukan, jangan sampai mulai kesakitan baru ke dokter," kata Menteri Linda Gumelar, saat membuka acara tersebut, yang juga dihadiri sejumlah artis dan aktivis perempuan yang berbusana serba pink.

Istri Jenderal Agum Gumelar ini menyayangkan minimnya alat deteksi dini modern di Indonesia, seperti misalnya mamografi. Apalagi di kawasan timur Indonesia, banyak perempuan ditemukan sudah dalam stadium lanjut karena terbatasnya mamografi atau alat sejenisnya.

Untuk itu, ujar Linda Gumelar yang juga adalah mantan penderita kanker payudara ini, sosialisasi dan edukasi harus terus dilakukan untuk menyadarkan perempuan akan pentingnya mengenali dan mencegah penyakit pembunuh terbanyak kedua bagi perempuan di Indonesia ini, setelah kanker leher rahim (serviks).

Dengan keterbatasan pemerintah, perempuan harus punya kesadaran dan upaya sendiri untuk menjaga kesehatannya. Selain deteksi dini, perempuan juga pintar-pintar menjaga pola hidup sehat. Di antaranya, kurangi konsumsi makanan berlemak, makanan yang dibakar, soft drink dengan kadar gula tinggi, pengawet, penyedap rasa (MSG) dan paparan sinar matahari yang berlebihan.

Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahun terdapat 7 juta penderita kanker payudara, dan 5 juta orang di antaranya meninggal dunia. Di Indonesia kanker payudara menempati peringkat kedua terbanyak setelah kanker serviks.

Sayangnya kanker payudara di Indonesia sering ditemukan pada stadium lanjut, padahal dapat disembuhkan bila ditemukan secara dini.

Untuk membantu pemerintah, Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta (YKPJ) yang dirintis Menteri Linda Gumelar, menyediakan mobil mamografi. Mobil ini berkeliling ke rumah penduduk untuk menawarkan pemeriksaan gratis kepada perempuan di rumahnya, sekaligus mensosialisasikaan bahaya kanker payudara dan cara mencegahnya.

Sebab, rendahnya kesadaran perempuan juga terjadi pada perempuan di perkotaan. Meskipun di perkotaan peremppuan lebih mudah dan banyak mengakses sumber informasi mengenai kanker payudara, sebagian besar dari mereka malam mengabaikannya.

"Kami harap lebih banyak perempuan tertolong. Baru ada dua mobil mamografi ini, milik YKPJ dan satu lagi RS Dharmais," tambahnya.

Adapun acara Reebok Pink Ribbon Fun Walk ini telah diadakan selama 5 tahun berturut-turut di Jakarta. Acara ini diluncurkan pertama kali di Amerika Serikat pada tahun 2005, dengan tujuan mengumpulkan dana untuk kesadaran kanker payudara. Acara ini telah memobilisasi lebih dari 600.000 orang sejak pertama kali diselenggarakan. [sumber: suarapapembaruannews.com]


Foto Terkait:


Meneg PP & PA Linda Amalia Sari Gumelar melambaikan tangan kepada para paserta acara Pink Ribbon Fun Walk Breast Cancer di area Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (30/10) Pagi.
Tesk dan Foto: Anthony Firdaus / Humas KPP & PA

Meneg PP & PA Linda Amalia Sari Gumelar menggendong seorang balita seusai membuka acara Pink Ribbon Fun Walk Breast Cancer di area Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (30/10) Pagi.
Teks dan Foto: Anthony Firdaus / Humas KPP & PA


Meneg PP & PA Linda Amalia Sari Gumelar berfoto bersama artis pendukung dan aktivis perempuan seusai membuka acara Pink Ribbon Fun Walk Breast Cancer di area Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (30/10) Pagi.
Teks dan Foto: Anthony Firdaus / Humas KPP & PA

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Minggu, 22 September 2019

Jemput Bola, Tingkatkan Persentase Kepemilikan Akta Kelahiran di NTT (42)

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) melalui Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, menyelenggarakan kegiatan Advokasi Percepatan Kepemilikan Akta…
Siaran Pers, Minggu, 22 September 2019

Jadi Penyanggah Ibu Kota, Balikpapan Perkuat Komitmen Menuju KLA (51)

Sebagai satu – satunya kota yang meraih predikat kategori Nindya Kab/Kota Layak Anak (KLA) di Prov. Kalimantan Timur, kota penyangga…
Siaran Pers, Sabtu, 21 September 2019

PPT KTPA Bentuk Negara Hadir Lindungi Perempuan dan Anak (64)

Pusat Pelayanan Terpadu Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak (PPT KTPA) RSUD Beriman Balikpapan yang berdiri sejak Februari 2019 memberikan penanganan…
Siaran Pers, Sabtu, 21 September 2019

Teman Sebaya Dukung Sekolah Ramah Anak (99)

Teman Sebaya berperan besar dalam mendorong terwujudnya Sekolah Ramah Anak (SRA).
Siaran Pers, Sabtu, 21 September 2019

Ayo ke PUSPAGA, Demi Keluarga Berkualitas! (53)

Menjadi orang tua di zaman sekarang memiliki tantangan yang lebih berat daripada menjadi orang tua di zaman dahulu.