Linda Gumelar selamat dari kanker

  • Dipublikasikan Pada : Selasa, 23 Februari 2016
  • Dibaca : 2608 Kali


Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar, mengakui bahwa dirinya adalah mantan penderita kanker payudara yang berhasil selamat karena melakukan deteksi dini.

"Beberapa tahun lalu saya pernah di vonis kanker payudara, dan akhirnya bisa disembuhkan," kata pendiri Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta itu saat melakukan kampanye deteksi dini kanker payudara di Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Sabtu Pagi (15/10)


Linda menjelaskan, sewaktu di vonis menderita kanker payudara, stadiumnya masih sangat rendah sehingga tim dokter bisa segera melakukan langkah penanggulangan.

"Pada waktu itu saya rajin melakukan deteksi dini kanker payudara sehingga saat di vonis menderita penyakit tersebut stadiumnya masih rendah dan tim dokter tidak kesulitan melakukan pengobatan hingga saya berhasil disembuhkan dengan selamat," katanya.

Dia mengatakan, beberapa kasus kanker payudara di Indonesia kerap terdeteksi pada stadium yang sudah lanjut, padahal secara dini penyakit tersebut dapat ditemukan dengan pemeriksaan klinik dan mammografi.

Linda menambahkan, organisasi kesehatan dunia (WHO) kerap mengingatkan bahwa deteksi dini merupakan upaya primer untuk melawan kanker payudara dan meningkatkan harapan hidup.

"Sebenarnya perempuan tidak perlu takut bila didiagnosa kanker payudara oleh dokter," kata Linda.

Selain itu, "Melalui kampanye ini kami ingin mengajak masyarakat untuk mengenali dan melakukan pemeriksaan payudara sendiri atau Sadari.

Keberadaan Yayasan Kesehatan Payudara sendiri tambah Linda merupakan mitra pemerintah untuk menggalakkan kegiatan penyuluhan dan penanggulangan kanker payudara di Jakarta dan sekitarnya. [antaranews.com]

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Senin, 21 Oktober 2019

KEMEN PPPA DORONG KABUPATEN/KOTA MEMBUAT RENCANA AKSI PUSPA (15)

Sebagai wadah bagi lembaga masyarakat yang perduli pada isu perempuan dan anak,
Siaran Pers, Senin, 21 Oktober 2019

Kemen PPPA Dorong Daerah Sinergi untuk Wujudkan RBRA (25)

Pemerintah Daerah berlomba-lomba meraih sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) yang merupakan program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam…
Siaran Pers, Minggu, 20 Oktober 2019

PERCEPAT PENURUNAN ANGKA KEKERASAN ANAK, KEMEN PPPA LATIH UPTD DAN APH MANAJEMEN KASUS (43)

Dalam setiap penanganan kasus kekerasan dan eksploitasi terhadap anak, Konvensi Hak Anak telah mengamanatkan kepentingan terbaik anak diutamakan namun kenyataan…
Siaran Pers, Minggu, 20 Oktober 2019

Ingin Banyak Followers, Milenial Harus Jadi Kreator Konten Kreatif dan Edukatif (45)

Dunia maya tidak hanya menjadikan masyarakat, termasuk anak dan remaja sebagai konsumen, namun juga sebagai pencipta informasi layaknya konten kreator.
Siaran Pers, Jumat, 18 Oktober 2019

Papua New Guinea Belajar Pemberdayaan Ekonomi Perempuan dari Indonesia (64)

Jakarta (18/10) – ”Bicara tentang pemberdayaan ekonomi perempuan di Indonesia, tentunya tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan…