Jembatan Penyeberangan Bolong Bawahnya, Pejalan Perempuan Rentan Diintip dari Bawah

  • Dipublikasikan Pada : Selasa, 23 Februari 2016
  • Dibaca : 1559 Kali


REPUBLIKA.CO.ID,MATARAM - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar, meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan pembangunan berperspektif gender. Jembatan penyeberangan yang dibangun oleh pemerintah daerah itu masih banyak yang bolong-bolong bagian bawahnya.

''Perempuan yang menggunakan jembatan penyeberangan merasa tidak nyaman. Karena, banyak perempuan menggunakan rok,'' tutur Linda saat advokasi dengan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) di Mataram, Selasa (14/6).

Perspektif gender dalam pembangunan harus memenuhi sesuai kebutuhan. Jembatan penyebarangan seharusnya tertutup sehingga tidak ada kesempatan orang lain untuk mengintip dari bawah saat perempuan berjalan di atas jembatan.

Begitu juga dengan pembangunan sarana umum seperti kamar kecil. Seharunya jumlah bilik kamar mandi khusus perempuan itu lebih banyak dari laki-laki. Karena laki-laki lebih praktis saat menggunakan kamar kecil, sedangkan perempuan lebih rumit.

''Jika jumlah kamar kecil sama antara perempuan dan laki-laki, maka akan terjadi antrian pada kamar kecil perempuan,'' kata dia.

 

Selasa, 14 Juni 2011 10:58 WIB

Reporter: Prima Restri

 

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Jumat, 09 April 2021

Kemen PPPA Dorong Satuan Pendidikan Semakin Ramah Anak dan Remaja ( 40 )

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) mendorong satuan pendidikan semakin empatik dan ramah terhadap anak dan remaja sebagai…

Siaran Pers, Jumat, 09 April 2021

Kemen PPPA Rampungkan Verifikasi Calon Penerima Anugerah Parahita Ekapraya 2020 ( 105 )

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) telah selesai melaksanakan verifikasi lapangan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 terhadap…

Siaran Pers, Kamis, 08 April 2021

Menteri Bintang: Perempuan Tulang Punggung Pemulihan Sosial Ekonomi ( 72 )

Jakarta (08/04) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga mengatakan perempuan menjadi tulang punggung pemulihan kondisi sosial dan…

Siaran Pers, Rabu, 07 April 2021

Perempuan dalam Pusaran Terorisme, Harus Dicegah Bersama ( 111 )

Jakarta (07/04) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Siaran Pers, Selasa, 06 April 2021

Perempuan Bangga Berkebaya, Pemersatu Identitas Budaya Bangsa  ( 135 )

Asisten Deputi Peningkatan Partisipasi Organisasi Keagamaan dan Kemasyarakatan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Nyimas Aliah menuturkan kebaya…