Membangun Wacana Publik Keterwakilan Perempuan di Parlemen Melalui Media Visit

  • Dipublikasikan Pada : Selasa, 23 Februari 2016
  • Dibaca : 1154 Kali

 

 

Jakarta (5/3) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar melakukan kunjungan ke Kompas TV sebagai bentuk Media Visit oleh Kementerian dalam menyampaikan isu- isu perempuan dan anak berikut dengan kebijakannya siang ini.

Pada kesempatan ini, Linda Gumelar menyampaikan strategi dari Kementerian PP dan PA dalam menyusun kebijakan-kebijakan yang dihasilkan untuk memberdayakan perempuan dan melindungi perempuan dan anak.

Diketahui, tahun 2014 merupakan tahun politik bagi Indonesia. Untuk itu Kementerian PP dan PA mendorong untuk keterwakilan perempuan di parlemen dapat dicapai dengan baik sehingga isu-isu perempuan dan anak dapat terakomodasi dengan baik.

"UU No. 8 tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD memberikan hak bagi perempuan dalam kepengurusan partai dan pengajuan bakal calon legislatif. Dimana Kepengurusan partai di semua tingkatan wajib mengakomodir sekurang-kurangnya 30% perempuan." ujar Linda Gumelar di depan jajaran Kompas TV.

Peningkatan kesadaran dan pembekalan politik dapat mendukung keterwakilan politik perempuan sehingga terbangun pentingnya eksistensi dan peran perempuan dalam bidang politik. Salah satu caranya adalah melalui kampanye publik yang intensif dengan memanfaatkan berbagai saluran komunikasi seperti media.

Berdasarkan hal ini, menjadi dasar kegiatan media visit kali ini dapat membangun wacana publik melalui program peningkatan partisipasi dan keterwakilan politik perempuan pada Pemilu 2014. Penyebaran informasi melalui media merupakan salah satu cara yang cukup efektif dalam membuka akses yang lebih luas dan komprehensif bagi perempuan yang berkecimpung dalam dunia politik.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang baik bagi seluruh media di indonesia termasuk Kompas TV dalam memberitakan informasi- informasi yang positif terutama dalam mendukung kesetaraan gender, perlindungan perempuan dan pemenuhan hak anak di Indonesia. [HM]

 

Publikasi Lainya

Buku, Selasa, 22 Oktober 2019

PENILAIAN DAN PEMETAAN TERHADAP  PENDIDIKAN BAGI PEREMPUAN SERTA  DAMPAKNYA PADA PENINGKATAN  SUMBER DAYA MANUSIA PAPUA   DI PAPUA  (11)

LAPORAN PENELITIAN PENILAIAN DAN PEMETAAN TERHADAP  PENDIDIKAN BAGI PEREMPUAN SERTA  DAMPAKNYA PADA PENINGKATAN  SUMBER DAYA MANUSIA PAPUA   DI PAPUA 
Siaran Pers, Senin, 21 Oktober 2019

KEMEN PPPA DORONG KABUPATEN/KOTA MEMBUAT RENCANA AKSI PUSPA (51)

Sebagai wadah bagi lembaga masyarakat yang perduli pada isu perempuan dan anak,
Siaran Pers, Senin, 21 Oktober 2019

Kemen PPPA Dorong Daerah Sinergi untuk Wujudkan RBRA (64)

Pemerintah Daerah berlomba-lomba meraih sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) yang merupakan program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam…
Siaran Pers, Minggu, 20 Oktober 2019

PERCEPAT PENURUNAN ANGKA KEKERASAN ANAK, KEMEN PPPA LATIH UPTD DAN APH MANAJEMEN KASUS (71)

Dalam setiap penanganan kasus kekerasan dan eksploitasi terhadap anak, Konvensi Hak Anak telah mengamanatkan kepentingan terbaik anak diutamakan namun kenyataan…
Siaran Pers, Minggu, 20 Oktober 2019

Ingin Banyak Followers, Milenial Harus Jadi Kreator Konten Kreatif dan Edukatif (62)

Dunia maya tidak hanya menjadikan masyarakat, termasuk anak dan remaja sebagai konsumen, namun juga sebagai pencipta informasi layaknya konten kreator.